Pemkot Madiun Segera Renovasi Pasar Sleko

MADIUN – Renovasi Pasar Sleko menjadi salah satu proyek yang akan dilaksanakan oleh Pemkot Madiun pada 2020. Saat ini, persiapan teknis pembangunan tengah dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (DPUTR) Kota Madiun. Sedangkan, pengelolaan pedagang dipersiapkan oleh Dinas Perdagangan Kota Madiun.

Renovasi pasar yang telah berusia puluhan tahun itu diharapkan dapat meningkatkan ekonomi. Khususnya, pedagang di wilayah tersebut. Dengan bangunan yang lebih baik, diharapkan pasar ini bisa mendatangnya pengunjung lebih banyak.

Kepala Dinas Perdagangan Kota Madiun Gaguk Hariyono menuturkan, renovasi akan dilakukan pada bagian pujasera di sebelah utara pasar. Serta, pasar buah di sebelah selatan. ‘’Sebelumnya memang ada masukan dari pedagang untuk renovasi. Selain itu, kondisi bangunan memang sudah saatnya direhab,’’ tuturnya saat diwawancarai, Kamis (9/1).

Rencana revitalisasi inipun telah disampaikan oleh Dinas Perdagangan kepada pedagang yang saat ini menempati lapak pujasera dan pasar buah. Namun, Dinas Perdagangan akan kembali melakukan sosialisasi setelah desain yang disusun oleh DPUTR jadi.

Baca juga:   Kota Madiun Jadi Tuan Rumah Festival Ramadan Se-Bakorwil Madiun

‘’Kami masih menunggu pelaksanaannya kapan, desainnya bagaimana. Setelah jelas semua, akan disampaikan kepada pedagang bersama Dinas PUTR. Koordinasi terus dilakukan,’’ imbuhnya.

Pada saat renovasi dilakukan, para pedagang otomatis harus direlokasi. Untuk itu, Dinas Perdagangan telah menyusun beberapa alternatif. Salah satunya, parkir depan Pasar Sleko. Namun, jika lokasi itu tidak memungkinkan, alternatif lainnya adalah menempati lorong di lantai 2.

Gaguk pun menambahkan, para pedagang lama akan diutamakan untuk menempati bangunan baru. Dengan renovasi ini, Gaguk berharap dapat membuat tampilan pasar semakin menarik. Serta, meningkatkan pengunjung yang datang ke pasar tersebut. ‘’Sehingga, kesejahteraan pedagang juga ikut meningkat,’’ tandasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)