Program Literasi Relawan TIK di Radio Suara Madiun Masuk Nominasi Penghargaan Forum Tingkat Dunia

MADIUN – Relawan TIK Kota Madiun berkesempatan mengharumkan nama daerah di mata internasional tahun ini. Bagaimana tidak, program literasi teknologi digital yang digagas Relawan TIK Kota Madiun di Radio Suara Madiun masuk nominasi World Summit Information Society (WSIS) Prizes 2020. WSIS merupakan forum pertemuan dunia tentang pemberdayaan teknologi informasi milik PBB.

Relawan TIK memang memiliki program Talkshow Literasi Teknologi Informasi Komunikasi Suara Madiun yang sudah berjalan dua tahun terakhir. Program tersebut hadir setiap Rabu dengan menghadirkan berbagai narasumber di bidang teknologi informasi. Program tersebut dinilai memberikan kontribusi besar kepada masyarakat terkait pemahaman teknologi informasi.

‘’Jadi PBB melalui WSIS itu rutin mengelar forum setahun sekali. Di dalamnya terdapat penghargaan-penghargaan. Kami coba mendaftarkan program kegiatan talkshow dan Alhamdulillah masuk nominasi,’’ kata Ketua Relawan TIK Kota Madiun Budianto, Selasa (14/1).

Budi menyebut baru sekali ini mengikuti awar WSIS tersebut. Tahun lalu, tidak mengirimkan program kendati talkshow sudah berjalan. Pengiriman program dilakukan sekitar November 2019 lalu. Pengiriman melalui formulir online dalam website WSIS. Budi menyebut kabar gembira itu diterima Desember lalu. Program masuk nominasi di antara 19 program lain kategori media dari seluruh di Dunia.

Baca juga:   Efisiensi Birokrasi, Satlantas Polres Madiun Kota Tindak Pelanggar Lalin Dengan E-Tilang

‘’Ada 17 kategori, kita masuk dalam kategori media. Saat ini sedang tahap votting,’’ jelasnya.

20 nominasi memang bersaing merebutkan vote terbanyak. Lima program dengan vote terbanyak berhak mendapatkan penilaian pakar dari PBB. Satu yang terbaik akan diundang ke Jenewa Swiss untuk mendapatkan penghargaan. Karenanya, Budi berharap partisipasi masyarakat setidaknya dalam vote. Apalagi, vote akan ditutup 24 Januari nanti. Budi menyebut vote dapat dilakukan melalui https://www.itu.int/net4/wsis/stocktaking/Prizes/2019/Index.

‘’Harus registrasi dulu di website itu baru bisa vote. Pilih saja kategori media dan cari program Talkshow Literasi Teknologi Informasi Komunikasi Suara Madiun, lalu vote kota dialog di sebelah kanan,’’ jelasnya. (deka/agi/madiuntoday)