RSUD Sogaten Tambah Fasilitas Pelayanan

Ada Gedung Farmasi Baru Hingga Layanan Antar Obat Gratis

MADIUN – Guna meningkatkan pelayanan kepada pengunjung, RSUD Kota Madiun menambah fasilitas baru. Yakni, berupa gedung instalasi farmasi dan gudang obat. Gedung ini menggantikan apotek yang sebelumnya berada di dalam rumah sakit.

Direktur RSUD Kota Madiun dr Agus Nurwahyudi, Sp.S menuturkan, pembangunan gedung baru tersebut menggunakan anggaran APBD 2019. Dengan total anggaran mencapai Rp 1,8 miliar. ‘’Dengan area yang lebih luas ini diharapkan pengunjung makin nyaman saat mengantre obat,’’ ujarnya saat memberikan sambutan dalam prosesi peresmian gedung tersebut bersama Walikota Madiun Maidi, Selasa (14/1).

Tak hanya gedung baru, rumah sakit yang lebih dikenal dengan nama RSUD Sogaten itu juga mempunyai fasilitas tambahan lainnya. Yakni, antar obat gratis dalam Kota Madiun. Bahkan, pemkot menganggarkan Rp 300 juta untuk program yang bekerja sama dengan Halodoc ini.

Lebih lanjut, Agus menjelaskan bahwa untuk bisa mendapatkan pelayanan ini, pasien hanya perlu mengisi formulir. Tidak perlu mengantre untuk ambil obat di apotek. Tinggal menunggu di rumah, obat akan diantarkan oleh petugas.

Baca juga:   Tak Perlu Panik, Ambil KIS Tak Harus di Dinkes

Sedangkan, untuk pasien yang berasal dari daerah di sekitar Kota Madiun juga dapat menggunakan fasilitas ini dengan membayar biaya jasa Rp 10 ribu.

Dengan layanan ini, diharapkan pasien tidak perlu lagi mengantre di apotek. Selain itu, juga mengurangi jumlah antrian yang menyebabkan waktu tunggu semakin lama.

Agus pun menambahkan, saat ini rata-rata jumlah pasien yang dilayani RSUD Sogaten per hari mencapai 679 orang. 545 orang di antaranya mendapatkan pelayanan resep. Dari jumlah tersebut, tidak lebih dari 30 persen yang sudah menggunakan layanan antar obat.

‘’Dengan diberikan pelayanan gratis untuk warga Kota Madiun ini, diharapkan semakin banyak yang menggunakan fasilitas ini dan pasien yang sakit tidak perlu menunggu lama di apotek untuk mendapatkan obat,’’ jelasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)