Nekat Coret-Coret Rambu Lalin, Dishub Bakal Ciduk Oknum Lewat CCTV

MADIUN- Rambu-rambu lalu lintas yang dipasang oleh Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Madiun jadi sasaran vandalisme. Rambu tersebut, dicorat-coret dengan menggunakan cat semprot. Akibatnya, gambar rambunya tertutup cat. Dampak dari coretan oknum tidak bertanggung jawab itu membuat rambu-rambu lalu lintas yang sudah terpasang menjadi tidak jelas gambarnya, bahkan merugikan para pengendara.

Aksi tak terpuji itu memunculkan keprihatinan dari sejumlah pihak tak terkecuali Kepala Dishub Kota Madiun, Ansar Rasidi. Pasalnya baru awal November lalu rambu-rambu tersebut dipasang namun sekarang sudah dirusak oleh oknum tak bertanggung jawab. Pihaknya menegaskan akan memanggil para oknum yang kedapatan mencoret-coret rambu lalu lintas dan akan melakukan pengecekan secara berkala melalui pantauan CCTV yang terpasang di sepanjang jalan.

“Nanti bisa kita pantau yang berada di sekitar persimpangan lewat CCTV. Pihak yang bertanggung jawab akan kita panggil. Sebenarnya itu termasuk perusakan fasilitas pelayanan publik, bisa diadukan ke pihak berwajib. Tapi jangan sampai kita mengadu terkait perusakan itu, kita akan beri sosialisasi dulu,” jelasnya saat ditemui pada Rabu (15/1).

Baca juga:   Operasi Pasar Bulog Segera Gandeng Grosir Beras

Ansar menyebut titik-titik yang banyak terjadi vandalisme diantaranya berada sekitar persimpangan Jalan Dr. Sutomo, Jalan Serayu, dan Jalan Ciliwung. Bukan hanya rambu lalu lintas saja yang menjadi sasaran aksi tak terpuji, namun juga cermin tikungan yang juga menjadi sasaran tangan jahil oknum tak bertanggung jawab.

“Sebenarnya bukan hanya sekali dua kali terjadi. Sosialisasi ke LPMK, Kelurahan, dan sekolah-sekolah juga sering kita lakukan. Saya tak henti-hentinya mengimbau kepada masyarakat, diharap sadar dan ikut memelihara sarana prasarana pelayanan yang diperuntukan untuk mereka sendiri,” ungkapnya.

Dalam waktu dekat ini, Ansar mengatakan pihaknya akan menginventarisir untuk kemudian dilakukan perbaikan kepada seluruh rambu-rambu lalu lintas dan cermin tikungan di Kota Madiun rusak,  baik yang menjadi sasaran vandalisme ataupun yang memang sudah masuk waktu penggantian.
(ws hendro/kus/madiuntoday)