Tak Hanya Bunga, Pemkot Juga Bangun Kebun Alpukat di Taman Lalu Lintas

MADIUN – Penataan ulang yang dilakukan oleh Pemkot Madiun terhadap Taman Lalu Lintas Bantaran Kali Kota Madiun sudah dapat dilihat hasilnya oleh masyarakat. Taman bunga yang indah menghiasi area di sepanjang Jalan Ahmad Yani itu.

Namun, rupanya upaya penataan tidak hanya berhenti sampai di situ. Pemkot Madiun juga menginisiasi kebun buah di lokasi tersebut. ‘’Ya, kami menanam pohon alpukat di sekitar Taman Lalu Lintas,’’ tutur Walikota Madiun Maidi saat melaksanakan penanaman 20 ribu pohon bersama TNI/Polri, Jumat (10/1).

Menurut walikota, penanaman pohon alpukat ini nantinya akan berfungsi jangka panjang. Setelah matang, buahnya dapat dimanfaatkan oleh masyarakat. Terutama, bagi anak-anak stunting. Dengan gizi yang cukup, diharapkan kasus stunting bisa tuntas sepenuhnya di Kota Madiun.

Lebih lanjut, walikota mengatakan, perawatan kebun alpukat ditangani oleh Dinas Perumahan dan Pemukiman. Namun, setiap 6 bulan sekali akan dilaksanakan kerja bakti bersama TNI/Polri. ‘’Nanti kami cek bersama-sama. Tanaman yang kurang pupuk ya ditambah pupuk. Dirawat bersama-sama. Betul-betul tidak sekadar menanam tapi tidak membawa hasil,’’ jelasnya.

Baca juga:   Lantik Enam Pejabat Fungsional, Walikota Pastikan Penempatan Berdasar Kinerja

Sementara itu, titik lainnya di sekitar kota juga tak luput dari perhatian. Terutama, di pinggir jalan Kota Madiun. Serta, perempatan besar juga ditanami pohon-pohon. Sehingga, memanfaatkan seluruh ruang yang ada. Total, ada 20 ribu pohon yang akan ditanam pemkot tahun ini.

Langkah ini, menurut walikota, merupakan optimalisasi yang dilakukan Pemkot Madiun untuk menjaga ekosistem kota. ‘’Saat musim kemarau tidak kehabisan air, saat hujan air bisa meresap ke tanah karena ada pohon-pohon. Alam nyaman, ekosistem terjaga,’’ tandasnya. (Dhevit/irs/madiuntoday)