Masih Pegang Suket? Segera Ajukan e-KTP Ke Dispendukcapil

MADIUN – Memasuki pertengahan Januari 2020, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Madiun mendapatkan suntikan blangko KTP elektronik dari pemerintah pusat. Jumlah yang diberikan mencapai 4 ribu keping.

Hal tersebut diungkapkan oleh Kepala Dispendukcapil Kota Madiun Nono Djatikusumo saat ditemui, Kamis (16/1). Menurut Nono, 4 ribu keping blangko e-KTP tersebut akan dicetak bagi warga yang saat ini masih memegang surat keterangan (suket) pengganti KTP.

‘’Maka, bagi warga yang saat ini masih pegang suket, segera ke Dukcapil untuk digantikan dengan e-KTP,’’ tuturnya.

Saat ini, jumlah pemegang suket di Kota Madiun mencapai 6.386 orang. Terbanyak ada di Kelurahan Manisrejo. Yakni, mencapai 453 orang. Karenanya, diharapkan masyarakat segera menukarkan suket dengan e-KTP.

Baca juga:   Peran Aktif Pengawas Partisipatif Kawal Kampanye Calon Legislatif

Proses penggantian suket ke e-KTP, menurut Nono, tidak memerlukan proses yang sulit. Warga cukup datang ke Dispendukcapil dengan membawa suket yang asli. Kemudian, diberikan kepada petugas untuk diproses pencetakan e-KTP.

Nono mengatakan, proses penggantian suket ke e-KTP dapat diwakilkan. Yakni, kepada keluarga yang masih dalam satu KK. ‘’Kalau di luar KK, wajib melampirkan surat kuasa,’’ jelasnya.

Selain itu, proses pencetakan KTP elektronik juga tidak membutuhkan waktu lama. Bahkan, bisa selesai dalam hitungan menit saja. ‘’Kami sediakan tiga alat cetak e-KTP. Kalau server dari pusat lancar dan tidak ada kendala pada alat, maka proses pencetakan bisa dilakukan dengan lancar dan cepat,’’ tandasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)