Sejalan Program Pusat, Pembangunan Fly Over di Kota Madiun Segera Dipercepat

Di Posting Oleh madiuntoday

21 Januari 2020

MADIUN – Usulan Pemerintah Kota Madiun kepada pemerintah pusat terkait bantuan pembangunan fly over atau underpas di perlintasan rel kereta api tampaknya bakal segera terwujud. Bagaimana tidak, pemerintah pusat melalui kementerian terkait memiliki kewajiban pembangunan fly over maupun underpas di perlintasan rel yang mengenai jalan nasional. Sedang, usulan Pemerintah Kota Madiun untuk pembangunan fly over di Jalan Yos Sudarso dan Basuki Rahmad merupakan jalan nasional. Pembangunan fly over tersebut diprediksi mulai dikerjakan 2021 nanti.

‘’Jadi memang ada kewajiban dari pemerintah pusat melalui kementerian terkait untuk membangun fly over atau underpas kalau di jalan nasional. Kebetulan yang kita usulkan itu di jalan nasional. Karena sejalan program pusat, tentunya (pembangunan) akan dipercepat,’’ kata Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kota Madiun Suwarno, Selasa (21/1).

Kabar itu diterima Suwarno setelah berkonsultasi ke kementerian terkait beberapa waktu lalu. Namun, bukannya tanpa syarat. Pemerintah daerah diminta berkontribusi terkait hal-hal pendukungnya. Salah satunya, pembebasan lahan jika rencana pembangunan tersebut mengenai lahan masyarakat maupun perusahaan swasta. Suwarno menyebut terkait hal itu pihaknya masih akan melakukan studi kelayakan bersama Balai Jalan Nasional di Surabaya.

‘’Jadi belum tahu berapa anggaran yang harus disiapkan pemerintah daerah. Nanti setelah uji kelayakan baru bisa diketahui apakah mengenai lahan orang atau tidak,’’ ujarnya sembari menyebut termasuk menentukan fly over atau underpas.

Suwarno menambahkan pembangunan dua fly over atau underpas itu dilakukan secara bertahap. Lagi-lagi menunggu hasil uji kelayakan. Jalan yang dirasa lebih padat akan didahulukan pembangunannya. Suwarno memprediksi pembangunan di Jalan Basuki Rahmat Kelurahan Sukosari yang akan lebih dulu. Sebab, kendaraan dirasa lebih padat.

‘’Ada tahapan-tahapan yang harus dilalui. Prinsipnya kita terus berkoordinasi. Kalau ini lancar, kemungkinan 2021 bisa dimulai,’’ pungkasnya sembari menyebut perkiraan anggaran pembangunan mencapai Rp 150 miliar. (ws hendro/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Thamrin Jadi Satu Arah, Ini Skema Pengalihan Arus Jalan di Kota Madiun

Thamrin Jadi Satu Arah, Ini Skema Pengalihan Arus Jalan di Kota Madiun

MADIUN – Penyesuaian akses lalu lintas di Kota Madiun terus dilakukan. Rapat koordinasi (Rakor) terkait akses lalu lintas dari dan ke Kota Pendekar kembali digelar, Sabtu (4/4). Bertempat di Dinas Perhubungan Kota Madiun, Rakor menghasilkan sejumlah kebijakan baru....

Don`t copy text!