PeceLand Chinese New Year Festival 2020 Dimulai, Walikota Siapkan Festival Barongsai Nasional Imlek 2021 Nanti

MADIUN – Suasana tahun baru China kental terasa di Kota Madiun. Bagaimana tidak, festival bernuansa Imlek digelar. Kegiatan bertajuk PeceLand Chinese New Year Festival 2020 itu resmi dibuka Walikota Madiun, Rabu (22/12). Kegiatan semakin menarik lantaran bertempat di Jalan Batanghari yang merupakan kampung pecinannya Kota Pendekar. Kegiata yang diinisiasi Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun itu bakal berlangsung hingga Minggu 26 Januari mendatang.

Berbagai budaya khas negeri Tionghoa dan tanah air tersaji di sana. Mulai kesenian barongsai, leang leong, atraksi kungfu cina, hingga kuliner tentunya. Tidak hanya kuliner khas Imlek seperti kue keranjang, tetapi juga makanan dan cemilan khas tanah air. Tak heran, kegiatan sayang untuk dilewatkan.

Walikota Madiun Maidi berharap kegiatan menjadi daya tarik tersendiri di Kota Madiun. Tidak hanya masyarakat Kota Pecel. Namun, juga masyarakat sekitar.

‘’Kota Madiun memiliki potensi yang sering dimanfaatkan daerah lain. Kita punya banyak grup barongsai yang saat Imlek seperti ini malah tampil di daerah lain. Kenapa ini tidak kita maksimalkan sendiri untuk menarik masyarakat luar datang,’’ kata walikota.

Apalagi, lanjut walikota, masyarakat Tionghoa di Kota Madiun cukup antusias mewujudkannya. Terbukti dari partisipasi mereka sejak awal. Banyak masyarakat yang ingin mengisi acara selama festival. Hal itu tentu perlu disambut dengan memberikan wadah tersendiri. Festival, kata walikota, diharap menjadi wadah minat dan antusias warga Tionghoa dalam turut meramaikan Imlek dan Kota Madiun pada umumnya.

Baca juga:   Pembangunan Lanjutan Embung Pilangbango Dimulai

‘’Masyarakat Tionghoa biasanya merayakan Imlek ke luar kota bahkan luar negeri. Ini tidak boleh, mereka harus turut meramaikan Kota Madiun. Sebaliknya, justru harus mendatangkan masyarakat luar kota untuk datang,’’ jelasnya.

Walikota menyebut festival akan semakin dibesarkan ke depan. Salah satunya, dengan festival barongsai nasional. Walikota berencana menggelar festival barongsai di Gor Madiun selama sepuluh hari saat Imlek 2021 nanti. Hal itu cukup memungkinkan karena banyak grup barongsai di setiap daerah. Tidak hanya memberikan wadah bagi seniman barongsai. Tetapi juga meramaikan Kota Madiun. Goalnya, perekonomian meningkat dan masyarakat sejahtera.

‘’Kalau seluruh grup barongsai di tanah air datang ke Kota Madiun, pasti akan luar biasa. Kota Madiun bisa menjadi jujukan tatkala Imlek,’’ harapnya. (ws hendro/agi/diskominfo)

Share and Enjoy !

Shares