Segera Terapkan e-Tilang, Pemkot-Polresta Siapkan Koordinasi

MADIUN – Pemkot Madiun terus berupaya mengembangkan infrastruktur digitalnya. Setelah berhasil membangun Government Chief Information Officer (GCIO) Room, kini pemkot berencana menerapkan Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) atau e-tilang.

Rencana inipun sudah masuk dalam tahap pembahasan dengan jajaran kepolisian Polres Madiun Kota. Untuk itu, Kapolres Madiun Kota AKBP R. Bobby Aria Prakasa berkunjung ke gedung GCIO, Rabu (22/1).

Kunjungan tersebut disambut oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Madiun Anshor Rasidi dan Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun Subakri. Kedatangan tersebut membahas persiapan rakor yang rencananya akan berlangsung Jumat (24/1).

‘’Tujuannya untuk penataan sistem, bagaimana di Madiun ini segera bisa diberlakukan e-tilang,’’ tutur Anshor saat ditemui setelah kunjungan kapolres di gedung GCIO.

Baca juga:   Suka Terobos Perlintasan KA? Siap-Siap Kena Denda

Menurut Anshor, penerapan e-tilang diperlukan di Kota Madiun. Yakni, untuk meningkatkan kedisiplinan di jalan raya. Terutama, di wilayah Kota Madiun.

Penerapan e-tilang akan dikoneksikan dengan sistem yang dimiliki oleh Dinas Kominfo. Sistem ini juga terhubung dengan Samsat dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil. Sehingga, pelanggar lalu lintas akan langsung dapat diketahui identitasnya.

Sementara itu, Subakri menambahkan bahwa Dinas Kominfo siap mengembangkan sistem untuk pelaksanaan e-tilang. Salah satunya, teknologi khusus agar kamera dapat menjangkau nomor polisi kendaraan yang melanggar aturan. ‘’Prinsipnya kami siap. Tinggal dikoordinasikan apa saja yang diperlukan,’’ imbuhnya. (Dhevit/irs/madiuntoday)