Optimalkan Target PAD, PDAM Kota Madiun Gali Peluang Usaha Baru

MADIUN – Mampu mencapai target pendapatan asli daerah (PAD) setiap tahun rupanya tak membuat PDAM Tirta Taman Sari Kota Madiun berhenti berinovasi. Tahun ini, mereka berencana mengembangkan usaha yang berkaitan dengan air minum.

Hal ini disampaikan oleh Direktur Utama PDAM Tirta Taman Sari Kota Madiun Bambang Irianto. Pengembangan usaha tersebut yakni untuk membuat air kemasan galon merk mereka sendiri dan es batu kristal atau ice tube.

‘’2 peluang usaha baru ini diharapkan bisa meningkatkan pendapatan kami,’’ tutur Bambang saat menerima penghargaan K3 dari Walikota Madiun Maidi pada Senin (20/10) lalu.

Saat ini, pengembangan inovasi tersebut masih dalam tahap pembahasan dengan walikota. Bambang menuturkan, jika rencana ini disetujui, pihaknya akan segera merealisasikan peluang usaha tersebut.

Lebih lanjut, Bambang mengungkapkan, PDAM Tirta Taman Sari tahun ini menaikkan target PAD hingga Rp 6,5 miliar. Hal ini didasari oleh pencapaian PAD mereka di tahun 2019 yang melampaui target. Yakni, dari Rp 5,7 miliar berhasil mendapatkan Rp 6 miliar.

Baca juga:   Bawaslu Buka Lowongan Pengawas TPS, Ini Syaratnya...

Hal ini juga tak lepas dari peningkatan jumlah pelanggan PDAM pada 2019. Dari target 450 pelanggan baru, PDAM berhasil mendapatkan 1.113 pelanggan baru. Sehingga, total pelanggan saat ini mencapai 40.115 unit. Atau, 96 persen dari total keseluruhan penduduk Kota Madiun.

Selain pengembangan usaha, PDAM juga terus melakukan perawatan terhadap pipa-pipa air. Serta, menambah saluran agar distribusi air dari 26 sumur ke pelanggan dapat berjalan lancar. ‘’Kalau ada pompa yang rusak, langsung saat itu juga kami ganti dengan yang baru,’’ tandasnya. (Dhevit/irs/madiuntoday)