Gelar Rakor Forkopimda, Pemkot Madiun Akan Terapkan e-Tilang April 2020

Di Posting Oleh madiuntoday

24 Januari 2020

MADIUN – Pemerintah Kota Madiun semakin serius mengembangkan infrastruktur digital. Salah satunya, dengan rencana penerapan Electronic Traffic Law Enforcement (E-TLE) atau e-tilang. Bahkan, program tersebut dijadwalkan mulai beroperasi pertengahan tahun ini.

Hal ini diungkapkan oleh Kepala Dinas Perhubungan Kota Madiun Anshor Rasidi saat ditemui dalam rapat koordinasi antara pemkot dan forkopimda membahas penerapan e-tilang di kantornya, Jumat (24/1).

‘’Rakor ini untuk memantapkan komitmen dalam penataan sistem E-TLE tersebut yang rencananya diterapkan April tahun ini,’’ tuturnya.

Menurut Anshor, pembahasan penerapan E-TLE masih akan terus berlanjut antara pemkot dan forkopimda. Salah satunya, membahas titik-titik lokasi yang akan dipasangi kamera khusus. Tidak hanya di titik simpang jalan saja, tapi juga di ruas jalan di Kota Madiun.

Lebih lanjut, Anshor menjelaskan, saat ini dari 29 simpang yang ada di Kota Madiun, 21 di antaranya sudah terpasangi CCTV. Namun, untuk penerapan e-tilang ini nantinya pemkot akan menggunakan CCTV khusus yang lebih canggih.

Dengan sistem ini, pelanggar lalu lintas akan lebih mudah terjaring. Di antaranya, melanggar lampu merah, melanggar marka jalan, tidak menggunakan sabuk pengaman bagi pengendara mobil, tidak memakai helm untuk pengendara motor, serta pelanggaran lainnya sesuai dengan aturan hukum yang berlaku.

Proses penilangannya dilakukan secara online. Kamera khusus akan menangkap nomor kendaraan pelanggar. Kemudian, disinkronisasikan dengan data kepemilikan kendaraan dan data kependudukan. Setelah itu, surat tilang akan dikirimkan melalui pos maupun email.

‘’15 hari tidak membayar denda tilang, otomatis STNK-nya diblokir,’’ ungkapnya.

Sementara itu, rakor pembahasan E-TLE ini dihadiri oleh Asisten I Pemerintahan dan Pembangunan Kota Madiun Andriono Waskito Murti. Juga, Kapolres Madiun Kota AKBP R. Bobby Aria Prakasa, Komandan Kodim 0803/Madiun Letkol Czi Nur Alam Sucipto, perwakilan denpom, serta OPD terkait di lingkungan Pemkot Madiun. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

10 Rumah Aman Jadi Aplikasi Berbasi AI Guna Perangi Covid-19

10 Rumah Aman Jadi Aplikasi Berbasi AI Guna Perangi Covid-19

MADIUN- Perang melawan penyebaran virus korona (Covid-19) terus digaungkan. Teranyar, pemerintah pusat melalui Kantor Staf Presiden (KSP) didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meluncurkan aplikasi 10 Rumah Aman yang dirancang secara...

Waspada Penyebaran Korona, Terminal dan Stasiun Sediakan Posko Covid-19

Waspada Penyebaran Korona, Terminal dan Stasiun Sediakan Posko Covid-19

MADIUN – Sebagai salah satu pintu keluar-masuk masyarakat dari berbagai daerah, stasiun dan terminal menerapkan prosedur pengamanan terkait penanggulangan penyebaran Virus Korona. Yakni, dengan mendirikan Posko Covid-19. Hal ini seperti tampak di Stasiun Madiun dan...

Don`t copy text!