BMKG Imbau Warga Jatim Waspadai Hujan Lebat 5 Hari Ke Depan

Di Posting Oleh madiuntoday

25 Januari 2020

MADIUN – Hujan lebat kembali mengguyur Kota Madiun pada Jumat (24/1). Hal ini rupanya telah diprediksi oleh Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG). Bahwa, akan terjadi hujan lebat hingga lima hari ke depan. Terutama, di wilayah Jawa Timur.

Untuk itu, BMKG meminta masyarakat untuk waspada. Yakni, selama 24-29 Januari 2020.

Prediksi hujan lebat disampaikan oleh Deputi Bidang Meteorologi BMKG Mulyono R. Prabowo. Menurutnya, fenomena ini disebabkan oleh adanya sirkulasi siklonik di sekitar Samudera Hindia. Sehingga, menyebabkan terbentuknya pola konvergensi serta belokan angin di wilayah Indonesia bagian barat.

Selain itu, kondisi atmosfer Indonesia yang labil menyebabkan massa udara lembab dari lapisan bawah. Sehingga, cukup mudah untuk terangkat ke atmosfer.

“Kedua faktor tersebut menyebabkan peningkatan potensi pertumbuhan awan hujan di wilayah Indonesia bagian barat,” kata Mulyono berdasarkan siaran pers, Jumat (24/1).

Untuk itu, BMKG mengimbau kepada masyarakat untuk waspada terhadap dampak dari hujan lebat tersebut. Seperti, banjir, tanah longsor, genangan, angin kencang, pohon tumbang, dan jalan licin. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

10 Rumah Aman Jadi Aplikasi Berbasi AI Guna Perangi Covid-19

10 Rumah Aman Jadi Aplikasi Berbasi AI Guna Perangi Covid-19

MADIUN- Perang melawan penyebaran virus korona (Covid-19) terus digaungkan. Teranyar, pemerintah pusat melalui Kantor Staf Presiden (KSP) didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meluncurkan aplikasi 10 Rumah Aman yang dirancang secara...

Waspada Penyebaran Korona, Terminal dan Stasiun Sediakan Posko Covid-19

Waspada Penyebaran Korona, Terminal dan Stasiun Sediakan Posko Covid-19

MADIUN – Sebagai salah satu pintu keluar-masuk masyarakat dari berbagai daerah, stasiun dan terminal menerapkan prosedur pengamanan terkait penanggulangan penyebaran Virus Korona. Yakni, dengan mendirikan Posko Covid-19. Hal ini seperti tampak di Stasiun Madiun dan...

Don`t copy text!