Pastikan Tes Berjalan Lancar, Walikota Tinjau Pelaksanaan Seleksi SKD CPNS

MADIUN – Hari kedua pelaksanaan seleksi kompetensi dasar (SKD) Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kota Madiun berjalan lancar. Setidaknya, tidak ada kendala yang muncul sejak pelaksanaan hari pertama kemarin. Hal itu dipastikan langsung Walikota Madiun Maidi yang melakukan sidak di lokasi tes SKD untuk CPNS formasi 2019 itu, Selasa (28/1). Walikota menyebut sarana dan prasarana yang disiapkan Pemkot Madiun cukup canggih dan lengkap.

‘’Pelaksanaan sejauh ini cukup bagus. Sesuai dengan program dan perencanaan kita sebelumnya. Dan yang terpenting hasilnya memuaskan semua pihak,’’ kata walikota.

Sebab, lanjutnya, semua dilakukan secara transparan. Hasil ujian bisa langsung diketahui. Terutama pihak keluarga yang mengantar. Pemkot menyediakan dua monitor lebar di ruang tunggu keluarga yang menampilkan hasil ujian secara real time. Sedang, peserta juga dapat melihat hasilnya begitu ujian selesai. Panitia juga menempel hasil ujian di papan pengumuman. Peserta dapat mencatat hasil yang diperoleh sebagai bukti jika ada perubahan saat pengumuman nanti.

‘’Inilah keterbukaan ya. Sesuai dengan visi misi Pemerintah Kota Madiun bahwa semua harus terbuka. Tidak ada KKN maupun kecurangan lain. Artinya, hasil ujian sesuai dengan potensi dan kemampuan masing-masing peserta,’’ jelasnya.

Baca juga:   Bapenda Undi 99 Hadiah Bagi Pembayar PBB Tepat Waktu

Walikota menyebut juga tidak ada kendala sejauh ini. Jaringan lancar dan tidak ada yang sempat tersendat. Kendala yang muncul lebih dari peserta. Laporan yang diterimanya tercatat ada sejumlah peserta yang tidak hadir. Hal itu menjadi tanggung jawab peserta masing-masing. Peserta secara otomatis telah gugur. Walikota menambahkan panitia juga tidak menemukan peserta yang neko-neko. Seperti membawa jimat maupun barang-barang yang dianggap bisa membantu mengerjakan ujian. Pemeriksaan juga cukup ketat. Peserta yang membawa barang diluar yang diperbolehkan pasti bakal ketauan.

‘’Semua dilakukan secara professional. Harapan kami ini juga menghasilkan CPNS yang juga professional,’’ tegasnya.

Ke depan, pelaksanaan bakal semakin dioptimalkan. Seperti laptop ujian yang saat ini masih banyak yang melalui sistem pinjam. Walikota menyebut tahun ajaran ini Pemkot Madiun bakal memberikan laptop gratis bagi pelajar. Jumlahnya mencapai ribuan. Sebagian laptop bisa digunakan untuk ujian CPNS beberapa hari.

‘’Nanti ada laptop gratis. Itu bisa dipakai. Prinsipnya Kota Madiun siap secara sarana dan prasarana. Daerah lain yang ingin melaksanakan ujian disini saya persilahkan,’’ ungkapnya. (dhevit/agi/madiuntoday)