Kreatif, Mahasiswa UNIPMA Buat Inovasi Sepeda Motor Ramah Lingkungan

Di Posting Oleh madiuntoday

10 Februari 2020

MADIUN- Mahasiswa Universitas PGRI Madiun (Unipma) berhasil melahirkan terobosan baru di bidang teknologi. Yakni, sepeda motor listrik yang diberi nama Bisma. Sepeda motor listrik itu merupakan karya dari mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Elektro (PTE).

Sepeda motor listrik itu dibuat tanpa menggunakan bahan bakar. Sedangkan cara mengisi dayanya dengan pengecasan baterai selama dua jam. Sepeda motor listrik tersebut mampu melaju dengan kecepatan maksimal 20 kilometer per jam. Hebatnya lagi, sepeda listrik Bisma tidak menghasilkan polusi suara.

“Untuk proses pembuatan sendiri membutuhkan waktu kurang lebih satu semester. Dalam proses
pembuatannya, mahasiswa juga dibimbing sejak tahap awal hingga akhir. Mulai desain, perakitan, pengelasan hingga tes,” ungkap Wakil Rektor III R Bekti Kiswardianta.

Lebih lanjut dirinya mengatakan produk inovasi dari mahasiswanya itu, kedepan akan lebih dikembangkan lagi untuk bisa menjadi produk unggulan. Selain mengembangkan bisnis melalui sepeda listrik Bisma, kata dia, juga menjadi bagian dari proses pembelajaran yang harus dilaksanakan untuk mahasiswa.

“Orientasinya mengasah skill dan mengembangkan produktivitas mahasiswa. Terutama di dunia wirausaha dengan inovasi yang dimiliki. Unipma akan membantu kepengurusan izin dan kelengkapan sepeda motor listrik Bisma,” terangnya.

Sementara itu, untuk diketahui, sepeda motor listrik Bisma memiliki empat komponen di dalam Bisma. Meliputi daya, baterai, kontroler dan rangka ringan dari pipa. Kapasitas aki yang dimiliki 36 volt dan 27 ampere. Dengan daya tersebut, jarak tempuh maksimal 40 kilometer.
(istimewa/kus/madiuntoday)

Artikel Terkait

Gelar Evaluasi, Walikota Apresiasi Warga Patuhi Anjuran Tetap Di Rumah

Gelar Evaluasi, Walikota Apresiasi Warga Patuhi Anjuran Tetap Di Rumah

MADIUN – Setelah sekitar dua pekan menyelenggarakan patroli keliling setiap malam untuk menghalau warga yang keluar rumah, Pemerintah Kota Madiun mengadakan evaluasi. Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (28/3) itu juga diikuti oleh Forkopimda lainnya di wilayah...

Alat Rapid Test Tiba, Jatim Tes Covid-19 Serentak Mulai Hari Ini

Alat Rapid Test Tiba, Jatim Tes Covid-19 Serentak Mulai Hari Ini

SURABAYA – Sebanyak 18.400 alat Rapid Test akhirnya tiba di Surabaya, Jawa Timur. Alat tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Kesehatan sebanyak 8.400 dan sebanyak 10.000 rapid test bantuan dari Yayasan Tzu Chi Buddha. Mulai Jumat (27/3), Pemprov Jatim menggelar...