Ramah Lingkungan, Armaya Kenalkan Sepeda Listrik Buatan Tangan

Di Posting Oleh madiuntoday

11 Februari 2020

MADIUN – Teknologi ramah lingkungan terus digelorakan. Salah satunya, bisa melalui sepeda listrik hasil kreasi tim warga Kota Madiun ini. Sepeda handmade tersebut memang sudah cukup banyak di pasaran. Namun, jika hasil buatan sendiri tentu beda ceritanya.

Sekilas, sepeda memang seperti pada umumnya. Hanya, terdapat bok di bagian tengah. Bok tersebut berisi komponen kelistrikan. Mulai mesin, baterai, dan lainnya. Sengaja di dalam box agar terlindung dari air.

Wakil Ketua DPRD Kota Madiun Armaya yang menjadi penasehat tim tersebut mengaku sepeda cocok untuk Kota Madiun. Sebab, wilayah Kota Pendekar yang tidak terlalu luas dan datar. Transportasi sepeda tentu sangat memungkinkan. Teknologi motor listrinya dapat digunakan saat buru-buru. Sepeda listrik yang belum diberi nama tersebut disebut mampu melaju hingga 50 kilometer perjam.

‘’Saat ini, jalan di Kota Madiun sudah cukup padat. Kendaraan besar seperti mobil seringkali terjebak macet. Dengan sepeda ini tidak ada alasan lagi untuk macet,’’ kata Armaya.

Sepeda tersebut dilengkapi baterai berkapasitas 30 ampere. Baterai bisa menempuh jarak 25 kilometer dengan waktu cash empat jam. Kapasitas, kata dia, bisa ditingkatkan. Tentu dengan memasang baterai dan mesin dengan kapasitas lebih besar. Hal itu diperlukan terutama saat beban penumpang lebih besar. Sepeda yang dipamerkannya itu hanya mampu membawa beban di bawah 100 kilogram.

‘’Antusias masyarakat cukup besar. Terbukti banyak yang tanya saat di ujicoba kemarin,’’ ungkapnya.

Yayak -sapaannya- menyebut timnya membutuhkan waktu lima bulan mulai perencanaan hingga perakitan. Dia mengaku menghabiskan dana sekitar Rp 15 juta untuk satu sepeda tersebut. Armaya menyebut rangka sepeda juga dibuat secara manual. Artinya, bukan beli rangka jadi.

‘’Ini bisa menjadi kendaraan masa depan di kota ini. Selain ramah lingkungan juga efisien,’’ pungkasnya. (agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Gelar Evaluasi, Walikota Apresiasi Warga Patuhi Anjuran Tetap Di Rumah

Gelar Evaluasi, Walikota Apresiasi Warga Patuhi Anjuran Tetap Di Rumah

MADIUN – Setelah sekitar dua pekan menyelenggarakan patroli keliling setiap malam untuk menghalau warga yang keluar rumah, Pemerintah Kota Madiun mengadakan evaluasi. Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (28/3) itu juga diikuti oleh Forkopimda lainnya di wilayah...

Alat Rapid Test Tiba, Jatim Tes Covid-19 Serentak Mulai Hari Ini

Alat Rapid Test Tiba, Jatim Tes Covid-19 Serentak Mulai Hari Ini

SURABAYA – Sebanyak 18.400 alat Rapid Test akhirnya tiba di Surabaya, Jawa Timur. Alat tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Kesehatan sebanyak 8.400 dan sebanyak 10.000 rapid test bantuan dari Yayasan Tzu Chi Buddha. Mulai Jumat (27/3), Pemprov Jatim menggelar...