Tularkan Semangat Internet Positif, RTIK Kota Madiun Gelar Workshop Bagi Pelajar

MADIUN – Perkembangan teknologi dan informasi semakin pesat hingga memengaruhi kehidupan masyarakat di era sekarang. Namun, tak sedikit pula yang justru menimbulkan dampak negatif. Terutama, bagi remaja dan anak-anak.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, Relawan TIK Kota Madiun menggelar workshop bagi pelajar tingkat SMP dan SMA / sederajat. Kegiatan tersebut berlangsung di Gedung GCIO Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun, Rabu (12/2).

Dalam kegiatan tersebut, panitia menyediakan tiga kelas yang dapat dipilih oleh peserta. Yakni, kelas Youtube, Media Sosial, dan Podcaster. Masing-masing kelas tersedia narasumber dan dapat diisi maksimal 42 peserta.

Misalnya, pada kelas Youtube yang diisi oleh Ayis Nurhidayat. Pada kesempatan itu, Ayis menjelaskan tentang cara menjadi produser konten digital Youtube. Yakni, dengan cara yang paling sederhana dengan memanfaatkan gawai yang telah dimiliki.

‘’Misalnya, ketika membuat video. Jika tidak punya stabilizer, bisa memanfaatkan aplikasi Google Photo di android agar hasilnya lebih stabil,’’ ujarnya kepada para peserta.

Membuat konten yang tujuannya komersial, lanjut Ayis, juga membutuhkan data rekapitulasi. Baik terhadap jumlah penonton, banyaknya iklan yang masuk, dan sebagainya. Untuk itu, dibutuhkan aplikasi khusus untuk memantau pergerakannya secara statistik. Salah satunya, melalui aplikasi YT Studio.

Baca juga:   Ternyata Makin Banyak Masyarakat Kota Madiun yang Sejahtera

‘’Dengan data yang terinci seperti ini, teman-teman akan tahu seberapa banyak penikmat kontennya dan evaluasi yang harus dilakukan,’’ imbuhnya.

Selain Youtube, materi yang diberikan oleh RTIK Kota Madiun adalah Media Sosial Sebagai Media Promosi. Materi ini disampaikan oleh Ika Wahyu Risna tentang cara membranding diri di media sosial. Khususnya, bagi pengguna yang memanfaatkan media sosial sebagai sarana promosi. Misalnya, untuk berdagang.

‘’Dengan kecanggihan teknologi informasi saat ini, semakin mudah pula untuk menemukan apapun yang kita butuhkan,’’ imbuhnya.

Sementara itu, materi Cara Asyik Jadi Podcaster Muda diisi oleh RTIK Kota Madiun Yosep Rusfendi. Kegiatan tersebut diikuti oleh pelajar SMP dan SMA / sederajat yang tertarik dalam bidang musik dan video.

Dengan adanya kegiatan ini, diharapkan para remaja di Kota Madiun dapat mengambil manfaat yang positif dari perkembangan teknologi dan informasi. Serta, mengembangkan bakat dan minat mereka. Terutama, di bidang TIK. (Nanda/irs/madiuntoday)