Mulai Pendataan 15 Februari Nanti, BPS Gandeng Diskominfo Gelar Sosialisasi

Di Posting Oleh madiuntoday

13 Februari 2020

MADIUN- Tinggal dalam hitungan hari, sensus penduduk (SP) yang dilaksanakan oleh Badan Pusat Statistik (BPS) akan dimulai. Kegiatan rutin yang dilaksanakan 10 tahun sekali itu bakal menerapkan sistem penghitungan terbaru. Yakni, dengan metode kombinasi.

Maka dari itu, BPS Kota Madiun menggandeng Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kota Madiun untuk menggelar rapat koordinasi daerah dalam rangka koordinasi dan sosialisasi sensus penduduk 2020 pada Kamis (13/2). Bertempat di Ruang GCIO Pemkot Madiun, Kepala BPS Kota Madiun Umar Sjaifudin menjelaskan beberapa hal terkait prosedur pendataan sensus penduduk kepada perwakilan stakeholder yang hadir.

Umar menyebut, pendataan sensus dengan menggunakan metode kombinasi merupakan gabungan pendataan melalui sistem online yang dilaksanakan mulai 15 Februari 2020 hingga 31 Maret 2020 dan metode wawancara pada 1-31 Juli 2020.  Selain itu, lanjutnya, data administrasi kependudukan dari Ditjen Dukcapil juga digunakan sebagai basis data dasar.

“Nantinya akan dilengkapi pada pelaksanaan SP 2020 yang akan datang. Penggunaan metode kombinasi ini sebagai upaya untuk meminimalisasi perbedaan data yang signifikan. Lewat sistem online ini, tidak hanya warga Kota Madiun yang tinggal di dalam kota saja yang dapat terakomodasi sensus. Tapi, juga warga Kota Madiun yang tidak di luar kota. Bahkan, di luar negeri,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Diskominfo Kota Madiun Subakri mengungkapkan, data yang disajikan BPS melalui SP2020 diharapkan benar-benar riil. Harapannya, program kegiatan yang dilakukan pemkot dapat terukur dan tepat sasaran. Maka dari itu, melalui evaluasi dan sosialisasi tersebut kedepan pemerintah melalui BPS dapat mewujudkan satu data kependudukan yang valid. Sehingga data yang dimiliki Dispendukcapil sinkron dengan data BPS.
(kus/diskominfo)

Artikel Terkait

Pemprov Jatim  Luncurkan Layanan Chatbot WA Covid-19

Pemprov Jatim Luncurkan Layanan Chatbot WA Covid-19

SURABAYA – Informasi seputar penanganan Covid-19 sangat dibutuhkan masyarakat saat ini. Untuk memenuhi kebutuhan itu, Pemprov Jawa Timur meluncurkan layanan chatbot di aplikasi Whatsapp Messenger. Layanan chatbot dapat diakses melalui laman...

Don`t copy text!