Polisi Tangkap 4 Pelaku Pencurian Kotak Amal Masjid

Di Posting Oleh madiuntoday

13 Februari 2020

MADIUN – Entah apa yang merasuki pikiran empat remaja di Kota Madiun ini hingga berani berbuat kriminal di rumah ibadah. MAU (19), GFF (19), dan dua pelaku di bawah umur lainnya nekat mencuri kotak amal masjid. Tak sampai di situ, uang curian tersebut digunakan untuk membeli minum-minuman keras dan berfoya-foya.

Aksi empat remaja itupun diakhiri oleh aparat Satreskrim Polres Madiun Kota saat melakukan pencurian di dua masjid di Kota Madiun. Yakni, di Masjid Mujahidin Jalan Sanggar Manis, Kelurahan Manisrejo dan Masjid Al-Ikhlas Perumahan Bumi Mas, Kelurahan Mojorejo.

Proses penangkapan keempat remaja tersebut dilakukan oleh aparat pada akhir Januari 2020. Warga sekitar masjid curiga terhadap perilaku empat remaja tersebut. Hingga akhirnya melaporkan kejadian tersebut kepada petugas kepolisian.

Kasatreskrim Polres Madiun Kota AKP Suharyono menuturkan, dua pelaku, yakni MAU dan GFF yang merupakan warga Jalan Sri Wibowo, Kelurahan Sukosari, Kecamatan Kartoharjo, telah ditahan dan menunggu proses hukum lebih lanjut.

Sedangkan, dua pelaku lainnya merupakan pelajar SMP. ‘’Tidak ditahan, tapi dilakukan pembinaan,’’ ujarnya saat menggelar press release di Mapolres Madiun Kota, Selasa (11/2).

Suharyono mengungkapkan, empat pelaku tersebut diduga merupakan satu kelompok spesialis pencurian kotak amal masjid. Mereka melakukan aksinya pada malam hari ketika kondisi masjid sedang sepi.

Pengambilan uang dari dalam kotak amal dilakukan dengan sapu lidi yang ujungnya diberi lem. Sehingga, uang kertas di dalam kotak amal bisa ditarik keluar. Namun, ada juga kotak amal yang sengaja dirusak untuk diambil isinya.

Dari tangan tersangka, petugas berhasil mengamankan beberapa barang bukti. Di antaranya, uang tunai Rp 380.500, sejumlah ponsel, sepeda motor, dan kotak amal berwana hitam. ‘’Uang ini diduga sisa hasil curian,’’ imbuhnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Dibantu Petugas, Pemilik Bongkar Warung Sumber Umis Secara Mandiri

Dibantu Petugas, Pemilik Bongkar Warung Sumber Umis Secara Mandiri

MADIUN – Pembangunan Taman Sumber Umis terus berjalan. Selain penyelesaian musala berbentuk Ka’bah dan taman tepi sungai, deretan warung di sebelah utara Plaza Lawu Madiun juga dibongkar, Jumat (3/4). Menariknya, pembongkaran dilakukan masing-masing pemilik dibantu...

Pemprov Jatim  Luncurkan Layanan Chatbot WA Covid-19

Pemprov Jatim Luncurkan Layanan Chatbot WA Covid-19

SURABAYA – Informasi seputar penanganan Covid-19 sangat dibutuhkan masyarakat saat ini. Untuk memenuhi kebutuhan itu, Pemprov Jawa Timur meluncurkan layanan chatbot di aplikasi Whatsapp Messenger. Layanan chatbot dapat diakses melalui laman...

Don`t copy text!