Raih Akreditasi A, Perpustakaan Kota Madiun Dapat Apresiasi Dispusip Jatim

MADIUN – Upaya Pemerintah Kota Madiun untuk meningkatkan sarana dan prasarana bagi perpustakaan daerah menuai hasil positif. Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) menganugerahinya akreditasi A.

Penghargaan inipun mendapatkan apresiasi dari Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (Dispusip) Jawa Timur Abdul Hamid. Hal itu disampaikan saat Hamid berkunjung ke Perpustakaan Daerah Kota Madiun untuk menyerahkan sertifikat akreditasi pada Kamis (13/2).

‘’Perpustakaan Kota Madiun memang sangat baik. Sarana prasarana mendukung dan tingkat kunjungannya juga cukup tinggi,’’ tutur Hamid saat diwawancarai setelah kegiatan Pembukaan Kunjungan Rumah Pintar dan Kelas Literasi 2020 di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Madiun.

Menurut Hamid, pengawasan dan pembinaan dilakukan oleh Perpusnas setiap tahun. Dalam kegiatan tersebut, Perpusnas juga memberikan akreditasi sebagai penghargaan. Sekaligus sebagai indikator evaluasi bagi perpustakaan yang belum mendapatkan akreditasi terbaik.

Di Kota Madiun, saat ini ada sembilan perpustakaan yang telah meraih akreditasi. Rinciannya, 4 akreditasi A, 4 akreditasi B, dan 1 akreditasi C. Dalam hal ini, bukan hanya perpustakaan daerah saja yang dinilai. Melainkan juga, perpustakaan yang ada di sekolah maupun universitas.

Baca juga:   Ketati Penyelewengan Anggaran Penyaluran DAK Fisik

Meski telah meraih akreditasi A, Hamid mengimbau kepada Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Madiun untuk tidak lengah. Yakni, dengan terus menambah inovasi agar meningkatkan ketersediaan sarana prasarana. Serta, menumbuhkan semangat berliterasi di Kota Madiun.

‘’Ajak orang mencintai buku. Tidak hanya buku manual, tapi juga bisa buku digital,’’ imbuhnya.

Sementara itu, Walikota Madiun Maidi mengaku bangga dengan prestasi yang telah diraih oleh perpustakaan daerah dan 8 perpustakaan lainnya. Walikota berharap, prestasi ini dapat ditingkatkan lebih baik lagi. ‘’Tentunya, kami targetkan seluruh perpustakaan di Kota Madiun bisa meraih akreditasi A semua,’’ tandasnya. (WS Hendro/irs/diskominfo)