Tularkan Semangat Literasi, Bunda Baca Kota Madiun Ajak Siswa PAUD Bercerita

Di Posting Oleh madiuntoday

13 Februari 2020

MADIUN – Bunda Baca Kota Madiun Yuni Setyawati Maidi tampak memegang buku cerita bergambar binatang. Di hadapannya, puluhan siswa-siswi PAUD terlihat antusias memerhatikannya. Istri Walikota Madiun Maidi itupun mulai bercerita.

Isi cerita tersebut rupanya tentang kebun binatang. Yuni pun mulai menjelaskan bahwa ada beragam binatang yang tinggal di tempat tersebut. Ada harimau, singa, kijang, hingga monyet. Semuanya memiliki rumah masing-masing.

Tak hanya mendengarkan, anak-anak yang antusias pun turut menyebutkan nama-nama hewan bersama sang bunda baca. Suasana pun tampak hidup dan saling bertukar informasi.

‘’Bercerita merupakan salah satu kegiatan literasi. Tidak hanya menulis dan membaca saja. Melalui cerita yang menarik, akan meningkatkan minat baca anak,’’ tutur Yuni saat ditemui dalam Pembukaan Kunjungan Rumah Pintar dan Kelas Literasi 2020 di Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Madiun, Kamis (13/2).

Membaca, menurut Yuni, memiliki banyak manfaat. Selain membuka wawasan tentang berbagai ilmu pengetahuan, membaca juga menjadikan seseorang lebih kreatif dan inovatif. Hal ini dibutuhkan bagi generasi penerus untuk membangun bangsa yang lebih maju.

Karenanya, penting dilakukan upaya menumbuhkan minat membaca sejak dini. Terutama, pada usia 0-6 tahun. ‘’Dengan kebiasaan yang baik dimulai dari rumah, sekolah, dan lingkungan sekitar, akan menumbuhkan semangat gemar membaca bagi anak-anak,’’ imbuhnya.

Upaya inipun telah dimulai oleh Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kota Madiun. Yakni, melalui program kunjungan rumah pintar bagi siswa PAUD dan TK. Serta, kelas literasi bagi warga Kota Madiun.

‘’Untuk kunjungan rumah pintar ditujukan bagi siswa PAUD dan TK. Sedangkan, kelas literasi akan dilaksanakan dengan tema yang berbeda-beda,’’ tutur Kepala Dinas Perpusip Kota Madiun Ahsan Sri Hasto.

Lebih lanjut, Ahsan menjelaskan, kunjungan rumah pintar setiap harinya mampu menerima 100 siswa dari berbagai PAUD maupun TK. Sedangkan, kelas literasi dijadwalkan 10 kali dalam satu tahun. ‘’Dengan kegiatan ini, diharapkan tingkat minat baca masyarakat Kota Madiun semakin bertambah,’’ tandasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Jelang Peluncuran, Pemkot Madiun Matangkan Program Pendekar Waras

Jelang Peluncuran, Pemkot Madiun Matangkan Program Pendekar Waras

MADIUN – Pemkot Madiun terus menyempurnakan program Penegakan Disiplin Protokol Kesehatan Agar Warga Sehat (Pendekar Waras) sebelum prosesi peluncurannya dilakukan. Program ini digadang-gadang mampu mencegah penularan Covid-19 secara efektif. Karenanya, Walikota...

Don`t copy text!