Sempat Alami Kenaikan, Harga Bawang Putih di Kota Madiun Kembali Turun

Di Posting Oleh madiuntoday

14 Februari 2020

MADIUN- Stok bawang putih di Kota Madiun aman. Saat ini, meskipun masih cukup tinggi, namun harga bawang putih di Kota Madiun mengalami penurunan yang cukup signifikan. Dari sebelumnya seharga Rp60.000 per kg. Turun di kisaran Rp40.000 hingga Rp45.000 per kilogram.

Selain pasokannya terbatas, kenaikan harga tersebut juga disebabkan banyak pemasok bawang putih di China yang sementara waktu menghentikan pengiriman bawang putih, akibat wabah virus corona. Hal itu diamini oleh Kepala Dinas Perdagangan Kota Madiun, Gaguk Hariyono. Dirinya mengatakan, harga bawang putih sudah berangsur turun setelah pemerintah menerbitkan rekomendasi izin impor.

“Ketersediaan barang ada, kebutuhannya cukup kok. Masyarakat diimbau untuk jangan panik. Semua tercukupi,” tegasnya. 

Gaguk menjelaskan, memang ada petani di Kabupaten Magetan yang beberapa waktu lalu menanam bawang putih kemudian dijual di Kota Madiun. Namun, hal itu tidak berlangsung lama. Saat ini, imbuhnya, sudah tidak ada yang menanam bawang putih, dan beralih menanam komoditas sayuran lain, seperti tomat, kubis, buncis, dan lain sebagainya.

Sementara itu, berdasarkan pantauan dari Dinas Perdagangan, cabai rawit yang sebelumnya seharga Rp100.000 per kg, saat ini telah mengalami penurunan. Bahkan di pasaran, harga cabai sekitar Rp50.000 hingga Rp52.000 per kg. Berdasarkan keterangan yang didapat, cabai rawit yang dijual di pasar tradiosional Kota Madiun, didatangkan dari sentra produksi yang berada di Pare Kediri, Nganjuk, Magetan dan Surabaya.
(dhevit/kus/madiuntoday)

Artikel Terkait

Don`t copy text!