Siaga Hadapi Bencana, Satbrimob Polda Jatim Gelar Latihan SAR di Madiun

MADIUN – Kesiapsiagaan dalam upaya penanggulangan bencana terus dilakukan oleh Satbrimob Polda Jatim. Salah satunya, dengan menggelar latihan Search and Rescue (SAR) bagi anggota kompi jajarannya.

Hal ini seperti kegiatan yang mereka lakukan di Waduk Bening Widas, Kecamatan Saradan, Kabupaten Madiun selama tiga hari. Yakni, mulai Rabu (12/2) hingga Jumat (14/2).

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakapolda Jatim Brigjen Pol. Drs. Djamaludin. ‘’Dengan kegiatan ini diharapkan kesiapsiagaan kita dalam penanggulangan bencana semakin meningkat,’’ ujarnya.

Menurut Djamaludin, bencana merupakan peristiwa yang tak dapat ditebak. Seringkali datang di saat yang tidak terduga. Bencana bisa disebabkan oleh faktor alam maupun manusia. Karenanya, upaya penanggulangan bencana harus dikoordinasikan sejak dini.

Baca juga:   Pemkot Madiun Terapkan E-kinerja, ASN Tidak Dapat Sembarangan Mendapat Tunjangan

“Saya berharap, para personel yang terlibat latihan bisa serius karena ini upaya kita untuk melakukan penanggulangan bencana,” imbuhnya.

Sementara itu, hal serupa juga dikatakan oleh Komandan Satuan Brimob Polda Jatim Kombes Pol. I Ketut Gede Widjatmika. Menurutnya, kegiatan ini diikuti oleh 250 personel. Brimob juga bekerjasama dengan BPBD dan Basarnas untuk memberikan pelatihan.

’’Disamping melatih kemampuan kita, juga sebagai langkah antisipasi apabila ada bencana di lapangan. Di beberapa wilayah sudah kita bantu untuk turun di lapangan,” tandasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)