Tancap Gas Siapkan Pedestrian Sumber Umis, Walikota Ganti Bersihkan Sisi Timur

MADIUN – Realisasi pembangunan kawasan pedestrian Sumber Umis terus dikebut. Setelah membersihkan sisi barat, Walikota Madiun Maidi kembali mengerahkan pegawai Pemerintah Kota Madiun membersihkan sungai di sisi timur Jalan Pahlawan itu, Jumat (14/2). Pembersihan semakin efektif lantaran dibantu anggota TNI dan Polri.

Pembersihan kali ini dimulai dari jembatan Sungai Sumber Umis ke timur hingga Jalan Pahlawan. Tidak hanya sampah, tetapi juga pohon yang dirasa menghalangi. Kawasan tersebut memang akan dibuat pedestrian. Bagian atas sungai akan ditutup box culvert. Di atasnya, sebagai tempat berjualan. Mulai kuliner hingga pasar seni. Walikota menyebutnya Lorong Seni.

‘’Jalan Pahlawan akan menjadi taman jantung kota. Pedestrian Sumber Umis ini bisa menjadi pendukung jantung kota yang mulai ramai ini,’’ kata walikota.

Kota Madiun, lanjut walikota, memang belum memiliki pasar seni yang tersentral. Barang-barang seni yang dijual masih tergabung dengan produk-produk lain. Selain itu, biasanya berupa toko atau gerai. Pasar seni baru akan tersentral ketika ada event. Nah, walikota ingin hal itu ada setiap hari. Tak heran, butuh satu tempat khusus untuk menjajakan barang-barang seni itu.

Baca juga:   Cabut Paku Hingga Pungut Sampah, Ngabuburit Asik Ala Mahasiswa Unipma

‘’Ada banyak titik yang belum termanfaatkan secara optimal. Salah satunya, di sungai Sumber Umis ini. Kalau dibuat pasar seni dan kuliner kan bagus,’’ ungkapnya.

Apalagi, kawasan akan ditembuskan sampai Jalan Kalimantan. Di sana juga ada mall. Masyarakat yang ingin ke mall bisa melewati lorong tersebut. Artinya, dapat dua keuntungan sekaligus. Jalan-jalan ditempat tradisional berkonsep alam juga yang modern seperti mall. Walikota berharap Kota Madiun semakin ramai ke depan.

‘’Kota ini harus ramai. Harus banyak yang datang. Kita memang tidak punya potensi alam. Tapi kita bisa membangun wisata buatan agar orang tertarik datang. Tatkala sudah ramai, perekonomian akan meningkat,’’ jelas mantan pendidik itu.

Kegiatan kerja bakti memang lanjutan pada Jumat sebelumnya. Walikota bersama pegawai Pemkot membersihkan areal parkir Sumber Umis hingga sampai ke Jalan Pandan. Ke depan, kendaraan yang parkir di Sumber Umis akan keluar melalui Jalan Pandan. Kawasan tersebut juga akan dibangun jadi pedestrian dan wisata air. (ws hendro/agi/diskominfo)