Dorong IKM Ber PIRT, Disnaker Beri Pelatihan Keterampilan Makanan Olahan

Di Posting Oleh madiuntoday

19 Februari 2020

MADIUN- Industri di Kota Madiun wajib sehat dan berkualitas. Tak hanya kebersihan yang harus dijaga, namun juga produksinya wajib diawasi. Tak terkecuali industri rumahan sekalipun. Maka dari itu, industri kecil menengah (IKM) penting untuk memiliki nomor pangan industri rumah tangga (PIRT).

Untuk mendorong hal tersebut, Pemkot Madiun melalui Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) menggelar pelatihan pengolahan makanan dengan merangkul pelaku IKM yang sudah ber PIRT. Hal tersebut dilakukan sebagai upaya untuk memotivasi pelaku usaha IKM yang belum memiliki nomor pangan industri rumah tangga agar mendaftarkan produk mereka.

“Kita memberikan pelatihan keterampilan mengolah makanan, terutama bagi pelaku IKM yang sudah punya PIRT. Harapannya setelah pelatihan mereka bisa lebih paham memilih bahan-bahan yang berkualitas untuk dijadikan produk olahan,” jelas Kepala Bidang Perindustrian Endang Purnomowati Puspitanintyas.

Tak hanya itu, dirinya menambahkan, setelah pelatihan ini para peserta diharap bisa mentransmikian apa yang didapat selama pelatihan kepada masyarakat yang ada di wilayah tempat tinggalnya masing-masing dan dapat mengajak para pelaku industri kecil menengah untuk bersama-sama mendaftarkan nomor produknya.

“Proses pengajuan PIRT mudah, apalagi kalau dikoordinir kelurahan masing-masing. Cukup membawa KTP dan sampel usaha, lalu dari Dinas Kesehatan akan melakukan pemeriksaan langsung ke tempat produksi,” ujarnya.

Sementara itu, para ibu-ibu yang mengikuti pelatihan olahan makanan yang digelar di salah satu rumah makan yang berada di Jalan Dr Sutomo itu selama tiga hari diajarkan membuat makanan olahan yakni onde-onde, risol mayo, putri mandi, kue lumpur, dan pada hari terakhir pelatihan, tepatnya Rabu (19/2) mereka diberikan pelatihan untuk membuat sirup dari buah markisa.
(dhevit/kus/madiuntoday)

Artikel Terkait

Gelar Evaluasi, Walikota Apresiasi Warga Patuhi Anjuran Tetap Di Rumah

Gelar Evaluasi, Walikota Apresiasi Warga Patuhi Anjuran Tetap Di Rumah

MADIUN – Setelah sekitar dua pekan menyelenggarakan patroli keliling setiap malam untuk menghalau warga yang keluar rumah, Pemerintah Kota Madiun mengadakan evaluasi. Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (28/3) itu juga diikuti oleh Forkopimda lainnya di wilayah...

Alat Rapid Test Tiba, Jatim Tes Covid-19 Serentak Mulai Hari Ini

Alat Rapid Test Tiba, Jatim Tes Covid-19 Serentak Mulai Hari Ini

SURABAYA – Sebanyak 18.400 alat Rapid Test akhirnya tiba di Surabaya, Jawa Timur. Alat tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Kesehatan sebanyak 8.400 dan sebanyak 10.000 rapid test bantuan dari Yayasan Tzu Chi Buddha. Mulai Jumat (27/3), Pemprov Jatim menggelar...