Tekan Populasi Lalat, Dinkes KB Lakukan Penyemprotan di TPS

Di Posting Oleh madiuntoday

19 Februari 2020

MADIUN – Meski berukuran kecil, keberadaan lalat rupanya patut diantisipasi. Sebab, serangga tersebut merupakan salah satu media perantara penularan penyakit. Terutama, penyakit yang berkaitan dengan saluran pencernaan. Untuk itu, populasinya di lingkungan sekitar perlu dikendalikan.

Sebagai upaya pengendalian populasi lalat, Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana Kota Madiun secara rutin melaksanakan penyemprotan pestisida. Kegiatan ini dilakukan di tempat pembuangan sampah sementara (TPS) yang ada di wilayah Kota Madiun.

‘’Penyemprotan lalat kami lakukan rutin 3 bulan sekali. Terutama, ketika musim penghujan dan musim buah,’’ tutur Kasi Kesehatan Lingkungan, Kesehatan Kerja, dan Olahraga Bidang Kesehatan Masyarakat Dinkes KB Kota Madiun Suprapto.

Upaya penyemprotan lalat di TPS ini seperti yang terlihat dalam kegiatan tim Dinkes KB, Rabu (19/2). Dimulai pukul 06.00, petugas menyisir area Jalan Pandan, Pasar Besar Madiun, Patihan, Borobudur, hingga RSUD Sogaten.

Penyemprotan dilakukan menggunakan pestisida khusus untuk membunuh serangga. Kemudian, dicampur dengan solar agar tidak mudah luntur saat hujan datang. Tak hanya membunuh lalat dewasa, campuran pestisida ini juga mampu mematikan telur-telur lalat. Sehingga, lebih efektif sebagai upaya pengendalian populasi hewan tersebut.

Lebih lanjut, Suprapto menjelaskan, TPS dipilih sebagai area penyemprotan karena lokasi tersebut merupakan tempat berkembang biak lalat. Sehingga, tidak sampai ke rumah-rumah warga karena zat yang digunakan cukup berbahaya.

‘’Namun jika ada permintaan dari masyarakat untuk penyemprotan karena populasi lalat meningkat, kami juga siap membantu,’’ imbuhnya.

Suprapto pun menambahkan, pihaknya mengimbau agar masyarakat lebih meningkatkan kewaspadaan terhadap penularan penyakit. Khususnya, yang berkaitan dengan saluran pencernaan. Salah satunya, dengan menutup makanan atau minuman agar tidak dihinggapi lalat.

‘’Selain itu, juga menjaga kebersihan lingkungan, seperti menutup bak sampah, agar populasi lalat tidak meningkat,’’ tandasnya. (Dhevit/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Gelar Evaluasi, Walikota Apresiasi Warga Patuhi Anjuran Tetap Di Rumah

Gelar Evaluasi, Walikota Apresiasi Warga Patuhi Anjuran Tetap Di Rumah

MADIUN – Setelah sekitar dua pekan menyelenggarakan patroli keliling setiap malam untuk menghalau warga yang keluar rumah, Pemerintah Kota Madiun mengadakan evaluasi. Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (28/3) itu juga diikuti oleh Forkopimda lainnya di wilayah...

Alat Rapid Test Tiba, Jatim Tes Covid-19 Serentak Mulai Hari Ini

Alat Rapid Test Tiba, Jatim Tes Covid-19 Serentak Mulai Hari Ini

SURABAYA – Sebanyak 18.400 alat Rapid Test akhirnya tiba di Surabaya, Jawa Timur. Alat tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Kesehatan sebanyak 8.400 dan sebanyak 10.000 rapid test bantuan dari Yayasan Tzu Chi Buddha. Mulai Jumat (27/3), Pemprov Jatim menggelar...