Asah Pengetahuan Kebencanaan Sejak Dini, Siswa TK Belajar Padamkan Api

Di Posting Oleh madiuntoday

20 Februari 2020

MADIUN – Kobaran api seringkali menakutkan bagi manusia karena cukup berbahaya. Namun, rupanya hal tersebut tidak berlaku bagi siswa KB dan TK Aisiyah Bustanul Athfal 3 Kota Madiun. Apalagi, didampingi oleh petugas pemadam kebakaran dari Satpol PP Kota Madiun.

Tak hanya mendekat, para siswa juga berani memadamkan api hanya dengan karung goni. Kuncinya adalah dengan mengangkat karung hingga menutupi muka. Kemudian, berjalan perlahan ke arah api dan menutupinya dengan karung goni.

‘’Dan, yang terpenting perhatikan arah angin. Jangan sampai api mengarah ke kita saat akan ditutupi dengan karung,’’ terang Kasi Pencegahan Kebaran Satpol PP Kota Madiun Elizabeth Eny Trisnawati Kadari saat mendampingi kunjungan siswa di markas damkar, Kamis (20/2).

Melihat satu siswa berhasil memadamkan api, teman-temannya yang lain langsung ikut antusias. Mereka lantas berbaris dan bergantian praktek memadamkan api.

Tak hanya itu, para siswa juga dikenalkan dengan berbagai alat pemadam kebakaran. Mulai dari mobil dan truk pemadam kebakaran, selang, semprotan air, hingga baju khusus tahan api. Di akhir kegiatan, para siswa diajak bermain air yang disemprotkan dari atas mobil damkar.

Eli menjelaskan, kunjungan seperti ini sudah berlangsung sejak tiga tahun terakhir. Tidak hanya siswa TK, tapi juga SD, masyarakat, instansi, hingga sekolah luar biasa. ‘’Tujuannya, untuk memberikan edukasi sejak dini tentang penanggulangan kebakaran,’’ ujarnya.

Dengan kegiatan seperti ini, diharapkan siswa-siswi mampu mengambil tindakan penyelamatan diri ketika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan. Terutama, pada bencana kebakaran. ‘’Selain itu, kegiatan ini juga merupakan pengenalan profesi damkar kepada anak-anak,’’ imbuhnya.

Sementara itu, Pengelola Kelompok Bermain ABA 3 Kota Madiun Retno Sagita Sari mengungkapkan bahwa kunjungan ke markas damkar memberikan banyak pengetahuan baru kepada anak didiknya. ‘’Tidak hanya mengenal alat-alat, tapi anak-anak juga diajak praktek langsung. Kegiatan ini merupakan pengalaman yang luar biasa bagi mereka,’’ tuturnya.

Kunjungan ke markas damkar hari ini diikuti oleh 38 murid KB dan 145 murid TK ABA 3 Kota Madiun. untuk dapat melakukan kunjungan, cukup dengan mengirimkan surat permohonan ke kantor Satpol PP Kota Madiun. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Gelar Evaluasi, Walikota Apresiasi Warga Patuhi Anjuran Tetap Di Rumah

Gelar Evaluasi, Walikota Apresiasi Warga Patuhi Anjuran Tetap Di Rumah

MADIUN – Setelah sekitar dua pekan menyelenggarakan patroli keliling setiap malam untuk menghalau warga yang keluar rumah, Pemerintah Kota Madiun mengadakan evaluasi. Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (28/3) itu juga diikuti oleh Forkopimda lainnya di wilayah...

Alat Rapid Test Tiba, Jatim Tes Covid-19 Serentak Mulai Hari Ini

Alat Rapid Test Tiba, Jatim Tes Covid-19 Serentak Mulai Hari Ini

SURABAYA – Sebanyak 18.400 alat Rapid Test akhirnya tiba di Surabaya, Jawa Timur. Alat tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Kesehatan sebanyak 8.400 dan sebanyak 10.000 rapid test bantuan dari Yayasan Tzu Chi Buddha. Mulai Jumat (27/3), Pemprov Jatim menggelar...