Tekan Gaptek Komputer, KIM dan RTIK Beri Pelatihan Anggota PKK Agar Makin Pinter

Di Posting Oleh madiuntoday

22 Februari 2020

MADIUN – Tak ada batasan usia dalam menuntut ilmu. Seperti yang dilakukan anggota PKK Kelurahan Kanigoro ini. Kendati sudah tidak muda lagi, semangat belajar mereka patut diacungi jempol. Belasan ibu-ibu antusias saat pelatihan pengoperasian komputer di ruang Government Chief Information Officer (GCIO) Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun, Sabtu (22/2). Materinya pun cukup sederhana. Yakni, pengoperasian office word dan excel dasar.

Setidaknya terdapat 16 ibu-ibu yang turut dalam pelatihan. Agus Wijanarko, Ketua Kelompok Informasi Masyarakat (KIM) Winongo sekaligus pembimbing pelatihan menyebut peserta cukup antusias. Itu terbukti mulai saat penjelasan materi hingga uji coba pengerjaan. Tugas yang diberikan dapat diselesaikan dengan baik. Bahkan, beberapa di antaranya sudah mengembangkan dengan mengeskplore menu-menu dalam office word secara mandiri.

‘’Padahal, ada yang belum pernah mengoperasikan komputer atau pegang mouse. Tetapi semangat belajar ibu-ibu ini patut diacungi jempol,’’ kata Agus.

Pelatihan, kata dia, dijadwalkan dua kali. Agus sengaja memberikan materi terkait word saat pertemuan pertama. Sedang, menu excel akan diberikan saat pertemuan kedua. Kedua office tersebut memang menjadi materi utama dalam pelatihan. Harapannya, dapat digunakan dalam penyusunan laporan PKK.

‘’Jadi materinya memang lebih untuk pembuatan laporan. Mulai bullet and numbering sampai format paragraf dan table,’’ ujarnya sembari menyebut pelatihan dimulai pukul 08.00 sampai 11.00.

Agus menambahkan, sejumlah permintaan pelatihan sudah menanti ke depan. Salah satunya, dari Kelurahan Pangongangan dengan materi internet marketing. Agus menyilahkan bagi masyarakat yang ingin berlatih komputer. Tentu saja dengan mengirimkan surat ke Dinas Kominfo Kota Madiun. Sebab, program pelatihan di bawah nauangan Dinas Kominfo.

Kepala Dinas Kominfo Kota Madiun Subakri menyebut GCIO memang bukan hanya pusat informasi. Namun, juga untuk pelatihan. Bahkan, terdapat ruang khusus di lantai dua yang disiapkan untuk pelatihan tersebut. Pun, lengkap dengan fasilitasnya. Ruang juga ber-AC agar peserta kian nyaman, Pihaknya sengaja menggandeng anggota KIM dan Relawan TIK Kota Madiun untuk sebagai pengelola program pelatihan.

‘’Ini memang untuk masyarakat. Jadi siapa saja yang berlatih kami silahkan,’’ ujarnya. (kim/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Gelar Evaluasi, Walikota Apresiasi Warga Patuhi Anjuran Tetap Di Rumah

Gelar Evaluasi, Walikota Apresiasi Warga Patuhi Anjuran Tetap Di Rumah

MADIUN – Setelah sekitar dua pekan menyelenggarakan patroli keliling setiap malam untuk menghalau warga yang keluar rumah, Pemerintah Kota Madiun mengadakan evaluasi. Kegiatan yang berlangsung pada Sabtu (28/3) itu juga diikuti oleh Forkopimda lainnya di wilayah...

Alat Rapid Test Tiba, Jatim Tes Covid-19 Serentak Mulai Hari Ini

Alat Rapid Test Tiba, Jatim Tes Covid-19 Serentak Mulai Hari Ini

SURABAYA – Sebanyak 18.400 alat Rapid Test akhirnya tiba di Surabaya, Jawa Timur. Alat tersebut merupakan bantuan dari Kementerian Kesehatan sebanyak 8.400 dan sebanyak 10.000 rapid test bantuan dari Yayasan Tzu Chi Buddha. Mulai Jumat (27/3), Pemprov Jatim menggelar...