Dorong Pengembangan Produk, Puluhan Pelaku UMKM Dapat Pelatihan Olahan Ikan

Di Posting Oleh madiuntoday

26 Februari 2020

MADIUN- Puluhan pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) khususnya di bidang produksi ikan air tawar, mendapatkan pembinaan dari Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur pada Rabu (26/2). Mereka diberikan pembinaan seputar pengolahan produksi ikan air tawar menjadi berbagai macam olahan.

Bertempat di bangsal pengolahan ikan Dinas Peternakan dan Perikanan (Disperta) Kota Madiun, puluhan pelaku UMKM tersebut diberikan pembekalan mengenai cara mengolah ikan patin menjadi olahan tofu dan minyak ikan. Para peserta nampak antusias mengikuti jalannya pelatihan yang digelar hanya satu hari itu.

Kasi Bina Mutu dan Diversifikasi Produk Hasil Perikanan Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Jawa Timur Nurwahida mengatakan, Kota Madiun memiliki potensi pengembangan ikan tawar yang cukup besar. Maka dari itu, perlu adanya pembinaan khusus mengenai ragam produk olahan dari bahan baku ikan, agar produksinya makin berinovasi dan memiliki nilai jual yang tinggi.

“Olahan ikan tidak hanya digoreng atau direbus, tapi juga bisa diolah sedemikian rupa sehingga punya nilai jual tinggi. Narasumber kita ambil dari pelaku UMKM yang berhasil mengolah produk perikanan menjadi banyak varian,” jelasnya.

Senada dengan hal di atas, Kepala Bidang Peternakan dan Perikanan Disperta Kota Madiun Dorce Lomo mengatakan, pembinaan kali ini merupakan pengalaman baru dan bermanfaat yang didapat oleh ibu-ibu rumah tangga ataupun bagi para pelaku UMKM di Kota Madiun.

“Potensi pelaku umkm di bidang ikan cukup lumayan. Sedikitnya kita membina 30-40 pelaku. Adanya pembinaan dari dinas provinsi ini bisa menambah ilmu supaya mereka lebih inovatif. Selama ini olahan banyak, tapi olahannya belum produk yang tahan lama,” ungkapnya.

Tak hanya itu, Dorce juga menambahkan bahwa kegiatan ini merupakan salah satu upaya pemerintah dalam memberdayakan UMKM agar semakin berkembang. Selain itu, imbuhnya, tiap tahunnya Pemkot Madiun juga melakukan pembinaan dan memfasilitasi perizinan bagi para pelaku UMKM untuk dapat memajukan usahanya.
(radit/kus/madiuntoday)

Artikel Terkait

Thamrin Jadi Satu Arah, Ini Skema Pengalihan Arus Jalan di Kota Madiun

Thamrin Jadi Satu Arah, Ini Skema Pengalihan Arus Jalan di Kota Madiun

MADIUN – Penyesuaian akses lalu lintas di Kota Madiun terus dilakukan. Rapat koordinasi (Rakor) terkait akses lalu lintas dari dan ke Kota Pendekar kembali digelar, Sabtu (4/4). Bertempat di Dinas Perhubungan Kota Madiun, Rakor menghasilkan sejumlah kebijakan baru....

Don`t copy text!