Dukung Program Laptop Gratis, Kominfo Pasang 150 Titik Wifi Baru Sampai ke Ruang Kelas

Di Posting Oleh madiuntoday

2 Maret 2020

MADIUN – Program laptop gratis untuk pelajar di Kota Madiun bakal segera terealisasi. Berbagai piranti pendukungnya juga tengah dikebut. Seperti urusan koneksi internetnya. Pemasangan wireless access point mulai dilakukan di ruang kelas sekolah-sekolah. Terutama kelas V dan VIII yang akan memanfaatkan program laptop gratis tersebut.

Kepala Bidang Pengelolaan TIK Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun Noor Aflah menyebut ada penambahan 150 titik Wifi gratis tahun ini. Artinya, sudah ada 1.500 titik secara keseluruhan. Nah, penambahan 150 titik tersebut dikhususkan ke ruang kelas sebagai pendukung program laptop gratis tersebut.

‘’Wifi gratis untuk sekolah memang sudah ada. Biasanya di kantor depan. Ini kita tambah yang langsung di ruang kelas. Terutama SD dan SMP,’’ katanya, Senin (2/3).

Pemasangan Wifi tambahan itu masih berjalan sampai saat ini. Setidaknya, terdapat 56 lembaga SD dan 14 SMP negeri di Kota Madiun. Saat ini sudah terpasang 21 access point di sebelas sekolah. Aflah menambahkan beberapa sekolah memang memiliki dua kelas untuk tingkat V maupun VIII. Artinya, ada dua alat sekaligus dalam satu sekolah.

Pemasangan lanjutnya juga sampai di Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). Hal itu dirasa juga perlu untuk mempermudah masyarakat mengakes aplikasi Si Langit Biru milik Dinas Pendidikan. Aplikasi untuk memantau perkembangan anak itu memang cukup membantu orang tua dan guru dalam pendidikan anak. Pun, Wifi dapat digunakan masyarakat sekitar yang membutuhkan koneksi internet.

‘’Program laptop ini tentu akan lebih maksimal dengan koneksi internet. Makanya, kami persiapkan dulu koneksinya sampai ke ruang-ruang kelas,’’ ujarnya sembari menyebut kecepatan internet sampai 100 Mbps.

Aflah menargetkan pemasangan selesai dalam dua sampai tiga minggu ke depan. Sebab, petugas dapat memasang di empat sampai lima sekolah setiap harinya. Sedang, jumlah SD dan SMP negeri di Kota Madiun sebanyak 70 lembaga.

Program internet gratis berupa Wifi tersebut sejak 2017 silam. Sampai saat ini sudah terdapat 1.500 titik dengan anggaran Rp 4,8 miliar setahun. (dhevit/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Perangi Covid-19, Pemkot Madiun Bentuk Kampung Tangguh di 3 Kelurahan

Perangi Covid-19, Pemkot Madiun Bentuk Kampung Tangguh di 3 Kelurahan

MADIUN – Upaya menanggulangi penyebaran Virus Korona terus dilakukan oleh Pemkot Madiun. Rabu (27/5), Pemkot Madiun menggelar rapat koordinasi bersama forkopimda setempat. Yakni, untuk membahas pembentukan Kampung Tangguh di wilayah Kota Madiun. 3 kelurahan terpilih...

Don`t copy text!