Ratusan Guru PJOK Se-Kota Madiun Antusias Ikuti Sosialisasi Petanque

Di Posting Oleh madiuntoday

4 Maret 2020

MADIUN- Lapangan Gulun Kota Madiun pada Rabu (4/3), ramai dipadati ratusan guru-guru Pendidikan Jasmani Olahraga dan Kesehatan (PJOK) SD-SMP se Kota Madiun. Bukan tanpa sebab, mereka berkumpul dalam rangka menjajal salah satu cabang olahraga yang baru dipertandingkan pada ajang Sea Games tahun 2011 yaitu olahraga petanque.

Permainan baru ini sengaja diperkenalkan oleh Persatuan Wanita Olahraga (Perwosi) Kota Madiun dengan tujuan untuk mengenalkan dan mengajak serta masyarakat Kota Madiun untuk mengenal dan paham bagaimana tata cara permainan olahraga tradusional yang berasal dari Perancis ini.

Tak tanggung-tanggung, Perwosi Kota Madiun menghadirkan langsung narasumber dari Pengprov Federasi Olahraga Petanque Indonesia (FOPI) Jawa Timur sebagai narasumber untuk memberikan pemahaman kepada guru-guru PJOK yang hadir dalam kegiatan itu.

“Luar biasa antusias yang ditunjukkan oleh para peserta. Semoga dari sosialisasi ini para guru mampu memahami bagaimana teknik dasar memainkan olahraga Petanque. Seperti tahu bagaimana teknik memegang bola, posisi saat memainkan, dan penghitungan poin,” ujar Pengprov FOPI Jatim Abdian Asgi Sukmana.

Lebih lanjut Asgi mengatakan, jenis olahraga petanque termasuk ke dalam olahraga yang membutuhkan konsentrasi tinggi, seperti layaknya panahan, bowling, dan golf. Karena butuh konsentrasi dan gerak anggota tubuh itu, maka peranque sangat baik jika diterapkan untuk anak-anak usia sekolah.

Sementara itu, Ketua Pelaksana Acara Esti Nurhayati Istono mengatakan, tujuan sosialisasi ini adalah sebagai pembekalan pengajar untuk kemudian diperkenalkan dan diterapkan pada siswanya. Sehingga nantinya dapat lahir atlet-atlet berprestasi di cabang olahraga petanque.

“Ini merupakan program kerja Perwosi selaku organisasi yang berkewajiban untuk memasyarakatkan olahraga ke masyarakat. Semoga kedepan dapat lahir atlet-atlet berprestasi di Kota Madiun di bidang Petanque,” pungkasnya.
(radit/kus/madiuntoday)

Artikel Terkait

Don`t copy text!