Ikut Jaga Lingkungan, Warga Turut Lakukan Penyemprotan Disinfektan

Di Posting Oleh madiuntoday

30 Maret 2020

MADIUN – Penanggulangan penyebaran virus Covid-19 butuh penanganan bersama. Termasuk peran serta masyarakat. Seperti yang terlihat warga di RT 4 RW 001 Kelurahan Klegen, Kartoharjo dan warga RT 32 RW 008 Kelurahan Mojorejo, Taman Kota Madiun ini. Warga secara mandiri melakukan penyemprotan disinfektan untuk menjaga lingkungan masing-masing. Penyemprotan tersebut sebagai upaya warga membantu pemerintah setempat dalam penanggulangan penyebaran virus Covid-19 di Kota Madiun.

Warga menggunakan sprayer yang biasa digunakan untuk penyemprotan hama di sawah. Namun, cairannya berbeda. Warga Klegen menggunakan air bercampur detol. Sedang, warga Mojorejo menggunakan air bercampur wipol, bayclin, dan deterjen. Takarannya mengacu informasi dari internet. Pun, penyemprotan hanya kepada benda mati.

‘’Seperti yang disampaikan bapak walikota, untuk Kota Madiun masih bebas Korona. Termasuk dilingkungan kami. Nah, kami juga ingin membantu pemerintah untuk menjaga khususnya lingkungan sini agar juga tetap terbebas dari Korona,’’ kata Ketua RT 4 Kelurahan Klegen Rahmad.

Kendati melakukan penyemprotan, warga berupaya untuk tidak berkerumun. Alat digunakan secara bergantian. Pun, hanya ditemani satu dua orang saat berkeliling melakukan penyemprotan. Warga yang lain menunggu di poskamling. Penyemprotan juga tidak sembarangan. Diutamakan bagian luar rumah. Namun, ada juga yang meminta untuk bagian dalam rumah sekalian.

‘’Sasaran utamanya adalah lingkungan. Tapi kalau tuan rumah meminta ya kami lakukan penyemprotan sekalian,’’ imbuhnya.

Hal senada diungkapkan Ketua RT 32 Kelurahan Mojorejo Sarwadi. Penyemprotan mandiri tersebut sebagai upaya warga melindungi lingkungan masing-masing sekaligus membantu pemerintah setempat. Seperti diketahui, masyarakat diminta turut berperan dengan menerapkan pola hidup bersih dan sehat. Hal itu sudah dilakukan secara mandiri di tiap warga. Namun, untuk kebersihan lingkungan secara keseluruhan dirasa belum maksimal. Karenanya, warga berinisiatif melakukan penyemprotan untuk menjaga lingkungan.

‘’Prinsipnya kami ingin menjaga lingkungan agar tetap bersih dan steril dari virus Korona ini. Ya itung-itung membantu pemerintah juga,’’ jelasnya. (ws hendro/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

WhatsApp Sediakan Fitur Grup Call Hingga 8 Orang, Begini Caranya…

WhatsApp Sediakan Fitur Grup Call Hingga 8 Orang, Begini Caranya…

MADIUN- Momen Idulfitri yang biasanya identik dengan silaturahim dengan sanak saudara, tetangga, dan teman-teman harus ditunda kali ini. Mengingat, pandemi covid-19 yang membatasi mobilitas fisik, maka silaturahmi bertatap muka yang menjadi tradisi harus berganti....

Don`t copy text!