10 Rumah Aman Jadi Aplikasi Berbasi AI Guna Perangi Covid-19

Di Posting Oleh madiuntoday

1 April 2020

MADIUN- Perang melawan penyebaran virus korona (Covid-19) terus digaungkan. Teranyar, pemerintah pusat melalui Kantor Staf Presiden (KSP) didukung oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo) meluncurkan aplikasi 10 Rumah Aman yang dirancang secara khusus berbasis komunitas yang bisa digunakan masyarakat ataupun pemerintah dalam menghadapi wabah virus korona.

Dilansir dalam siaran pers pada website kominfo.go.id. Aplikasi 10 rumah aman ini mengajak masyarakat secara gotong royong untuk menciptakan efek berantai dalam memutus penyebaran Covid-19. Dengan menggunakan teknologi Artificial Intelligence (AI) masyarakat dapat secara mandiri memeriksa menggunakan alat diagnosis, sekaligus melihat peta untuk menghindar dari paparan virus korona.

Lima fitur yang dapat dimanfaatkan pengguna aplikasi tersebut yakni. Memulai dengan mengukur suhu tubuh pada diri sendiri dan seluruh penghuni rumah setiap hari. Kemudian mengingatkan tetangga sekitar tentang keadaan dan kesehatan melalui telepon atau aplikasi pesan instan, sehingga beberapa rumahtangga selalu terpantau keadaan kesehatannya. Selanjutnya setiap penghuni rumah tersebut saling memantau tetangga lain di sekitarnya.

Memberi inspirasi tentang gaya hidup sehat. Selalu mencuci tangan dengan sabun atau cairan pembersih tangan berbahan alkohol, menjaga jarak aman ketika bertemu orang lain dan membagikan perilaku itu di aplikasi 10 Rumah Aman. Mengajak masyarakat untuk Memasak, Makan di Rumah dan Berbagi. Setiap keluarga bisa memasak dan makan di rumah. Kemudian membagikan hasil masakan ke tetangga atau masyarakat sekitar yang kurang beruntung agar mereka tetap di rumah sambil menjaga jarak aman (social/physical distancing).

Lalu melakukan pemeriksaan mandiri dengan menggunakan alat diagnosis berbasis Artificial Intelligence (AI). Tujuannya agar tidak terburu-buru pergi menemui petugas kesehatan di rumah sakit sekaligus menerapkan semangat membantu dan meringankan kerja petugas kesehatan. Serta melihat dan memantau peta persebaran setiap individu yang memiliki suhu normal atau suhu di atas normal. Selain itu membantu memantau individu yang telah melakukan isolasi mandiri dan dalam perawatan agar menghindarkan diri dari paparan Covid-19.

Tak hanya itu, aplikasi yang dapat diunduh di goggle playstore ini juga menyediakan kemudahan akses untuk masyarakat, yakni dengan cara terintegrasi dengan beberapa aplikasi lain seperti ChatBot covid19.go.id, PeduliLindungi, Halodoc, Alodokter, Good Doctor, Sahabatdokter, SehatQ, Sehatpedia dan KlikDokter.
(dhevit/kus/madiuntoday)

Selalu jaga kesehatan dengan menjauhi minum-minuman keras, narkoba, serta rokok ilegal. Cukai merupakan salah satu pemasukan negara. Sebagian dananya dikembalikan kepada masyarakat. Membayar cukai sesuai ketentuan berarti turut berkontribusi kepada negara dan masyarakat.

#gempurrokokilegal
#sebarkontenpositif
#berinternetsehat
#madiunkotawifi
#KotaKarismatikMadiun
#IndonesiaBicaraBaik
#DBHCHT_2020

Artikel Terkait

WhatsApp Sediakan Fitur Grup Call Hingga 8 Orang, Begini Caranya…

WhatsApp Sediakan Fitur Grup Call Hingga 8 Orang, Begini Caranya…

MADIUN- Momen Idulfitri yang biasanya identik dengan silaturahim dengan sanak saudara, tetangga, dan teman-teman harus ditunda kali ini. Mengingat, pandemi covid-19 yang membatasi mobilitas fisik, maka silaturahmi bertatap muka yang menjadi tradisi harus berganti....

Don`t copy text!