Optimalkan Pelayanan di Tengah Pandemi, Dinkes KB Kota Madiun Layani JKN/KIS PBID Via Online

Di Posting Oleh madiuntoday

3 April 2020

MADIUN- Selama masa pandemi virus korona, Dinas Kesehatan dan Keluarga Berencana (Dinkes KB) Kota Madiun mengalihkan beberapa kebijakan pelayanan administrasi, salah satunya seperti dalam pelayanan JKN/KIS PBID (penerima bantuan iuran daerah).

Terhitung sejak 30 Maret 2020 lalu, masyarakat yang membutuhkan pelayanan dapat melakukannya secara online, yakni melalui WhatsApp (WA) dengan memfoto kelengkapan dokumen asli peserta yang akan didaftarkan.

Kelengkapan dokumen tersebut berupa foto kartu keluarga (KK) dan foto kartu tanda penduduk (KTP).
Apabila yang didaftarkan sudah menjalani rawat inap di rumah sakit agar melampirkan  surat keterangan rawat inap dari rumah sakit untuk bisa segera diterbitkan kartunya. Tata caranya yakni, masyarakat mengirimkan berkas foto melalui WA ke nomor 0895 1678 5880. Admin akan mengkonfirmasi apakah bisa atau tidak bisa untuk didaftarkan sebagai peserta JKN/KIS PBID.

“Nanti peserta yang bisa didaftarkan selanjutnya akan diberi petunjuk lewat WA, maksimal 5 hari kerja untuk pengambilan Kartu Indonesia Sehat (KIS) secara langsung ke kantor cabang BPJS yang ada di Jalan Timor, untuk hak peserta JKN/KIS PBID Rawat Inap di kelas 3 Rumah Sakit, jika minta naik kelas maka kepesertaannya akan gugur dan harus membayar biaya perawatan sendiri” jelas Kepala Dinkes KB Agung S. Wardhani.

Pelayanan via WA tersebut, lanjutnya, dilaksanakan pada hari kerja mulai pukul 08.00 sampai dengan 12.00 WIB. Sementara itu, untuk pelayanan antrian di puskesmas sudah ada SIST BrO yang dapat di akses di http://dinkes.madiunkota.go.id/?tag=daftar-online.
dan bisa download melalui https://play.google.com/store/apps/details?id=id.go.madiunkota.sisbro bagi pemilik hp android. Melalui upaya ini, diharapkan masyarakat dapat menggunakan SIST BrO secara maksimal agar puskesmas bisa efisien melaksanakan Physical Distancing saat pelayanan kesehatan.
(dhevit/kus/madiuntoday)

Artikel Terkait

WhatsApp Sediakan Fitur Grup Call Hingga 8 Orang, Begini Caranya…

WhatsApp Sediakan Fitur Grup Call Hingga 8 Orang, Begini Caranya…

MADIUN- Momen Idulfitri yang biasanya identik dengan silaturahim dengan sanak saudara, tetangga, dan teman-teman harus ditunda kali ini. Mengingat, pandemi covid-19 yang membatasi mobilitas fisik, maka silaturahmi bertatap muka yang menjadi tradisi harus berganti....

Don`t copy text!