Antisipasi Penularan Korona, Kemenag Terbitkan SE Panduan Ibadah Selama Ramadhan

Di Posting Oleh madiuntoday

7 April 2020

MADIUN – Bulan Ramadhan akan segera tiba. Namun, momen spesial bagi umat Islam tersebut diperkirakan akan berbeda tahun ini.

Hal itu tak lepas dari pandemi Virus Korona yang sedang melanda hampir seluruh belahan dunia. Termasuk di Indonesia. Sehingga, Kementerian Agama menerbitkan surat edaran terkait panduan ibadah selama Bulan Ramadhan dan Idul Fitri 1 Syawal 1441 Hijriyah.

‘’Surat edaran ini dimaksudkan untuk memberikan panduan ibadah yang sejalan dengan syariat Islam. Sekaligus mencegah, mengurangi penyebaran, dan melindungi umat Islam dari resiko Covid-19,’’ tutur Menteri Agama Fachrul Razi dilansir dari Kompas.com, Senin (6/4).

Surat edaran yang ditujukan kepada Kanwil Kemenag Provinsi, Kepala Kantor Kemenag Kota/Kabupaten, dan Kepala Unit Pelaksana Teknis (UPT) di seluruh Indonesia itu seketika tersebar ke masyarakat melalui media sosial.

Di dalam surat edaran tersebut dijelaskan beberapa panduan ibadah. Di antaranya, shalat tarawih dilaksanakan di rumah masing-masing. Kegiatan tawarih keliling, buka puasa atau sahur on the road, serta peringatan Nuzulul Quran dalam bentuk tablig yang menghadirkan massa dalam jumlah besar ditiadakan. Selain itu, tadarus Al Quran dilaksanakan di rumah masing-masing.

Namun, warga tetap wajib menjalankan puasa sesuai syariat Islam. Serta, membayar zakat fitrah sebelum Hari Raya Idul Fitri.

Terkait pelaksanaan Shalat Idul Fitri, Kemenag juga mengimbau untuk ditiadakan. Namun, keputusan ini masih menunggu fatwa MUI. Kemenag juga mengimbau agar pelaksanaan halal bihalal dilaksanakan melalui media sosial atau video conference.

‘’Semua panduan tersebut dapat diabaikan apabila ada saatnya telah diterbitkan pernyataan resmi dari pemerintah pusat untuk seluruh wilayah negeri atau pemerintah daerah untuk wilayahnya masing-masing bahwa keadaan telah aman dari Covid-19,’’ tandasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Don`t copy text!