Tak Hanya Masih Steril Korona, Kota Madiun Juga Kawasan Tertib Masker

Di Posting Oleh madiuntoday

7 April 2020

MADIUN – Tidak hanya steril Covid-19, Kota Madiun juga kawasan tertib masker. Kebijakan itu berlaku mulai hari ini, Selasa (7/4). Walikota Madiun mewajibkan setiap masyarakat yang beraktivitas di luar rumah untuk menggunakan masker. Mereka yang tidak siap masker, bersiap putar balik.

Pemeriksaan tertib masker dilakukan di setiap tenda sterilisasi. Kendaraan yang melintas tidak hanya disemprot disinfektan. Namun, pengendaranya juga dilakukan pemeriksaan suhu tubuh dan masker. Pengedara baru diperbolehkan melintas setelah lolos cek suhu tubuh dan memakai masker.

‘’Setiap yang keluar rumah harus pakai masker. Ini penting. Bukan hanya instruksi pemerintah pusat. Tapi juga untuk kesehatan diri sendiri dan orang lain. Kota kita masih zero Korona. Ini harus kita pertahankan,’’ kata Walikota Madiun Maidi.

Petugas, kata walikota, diminta tegas. Setiap yang tidak memakai masker wajib putar balik kendati suhu tubuh mereka normal. Pun, tidak harus masker kesehatan. Tapi disarankan masker kain. Masker kesehatan hanya untuk petugas medis. Selain itu, masker kain dapat dicuci. Artinya, tidak perlu stok banyak. Cukup beberapa untuk gantian. Sebab, masker kain baiknya hanya digunakan selama empat jam dan langsung dicuci.

‘’Kita tidak tahu siapa yang sedang sakit. Ini sebagai antisipasi. Kalau tidak ingin pakai masker ya di rumah saja,’’ tegasnya.

Pemeriksaan masker ini akan dilakukan setiap hari. Pemeriksaan juga melibatkan anggota TNI/Polri. Masyarakat wajib mematuhi. Seperti yang terlihat di Jalan Agus Salim, tak sedikit pengendara yang terpaksa putar balik untuk ambil masker. Sesuai instruksi walikota, petugas memang harus tegas.

Terkait pemeriksaan suhu tubuh, rata-rata pengendara yang masuk di Kota Madiun bersuhu tubuh normal antara 35-37 derajat Celsius. Petugas PMI Kota Madiun Yana Yulio menyebut terdapat satu pengendara yang diketahui bersuhu tubuh di atas 38 derajat saat pemeriksaan, Selasa (7/4). Pengendara yang diketahui warga Surabaya itu terpaksa putar balik untuk diminta memeriksakan diri.

‘’Sama dengan hari-hari sebelumnya, rata-rata bersuhu tubuh 37. Setiap warga yang bersuhu tubuh lebih dari itu tidak kami izinkan melintas,’’ terangnya. (ws hendro/agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

WhatsApp Sediakan Fitur Grup Call Hingga 8 Orang, Begini Caranya…

WhatsApp Sediakan Fitur Grup Call Hingga 8 Orang, Begini Caranya…

MADIUN- Momen Idulfitri yang biasanya identik dengan silaturahim dengan sanak saudara, tetangga, dan teman-teman harus ditunda kali ini. Mengingat, pandemi covid-19 yang membatasi mobilitas fisik, maka silaturahmi bertatap muka yang menjadi tradisi harus berganti....

Don`t copy text!