Jadi Pembersih Makam Dadakan, Bocah Raup Rezeki Di Awal Ramadhan

Di Posting Oleh madiuntoday

23 April 2020

MADIUN – Menjelang Ramadhan, area pemakaman selalu ramai dikunjungi para peziarah kubur. Hal itu dilakukan untuk mendoakan keluarga atau leluhur yang telah meninggal dunia. Selain itu, juga membersihkan area pemakaman tersebut.

Momen seperti ini rupanya dimanfaatkan oleh sejumlah bocah di Kota Madiun. Yakni, menawarkan jasa membersihkan makam kepada para peziarah kubur di Makam Cangkring, Jalan Flores. Untuk jasanya tersebut, bocah-bocah itu tidak mematok biaya pasti.

‘’Kadang ada yang ngasih Rp 20-25 ribu. Ada juga yang ngasih 50 ribu. Kalau parkir Rp 5 ribu,’’ ujar Fahri, salah seorang bocah pembersih makam saat ditemui, Kamis (23/4).

Hasil yang didapatnya setiap hari pun berbeda-beda. Tergantung jumlah peziarah yang datang dan meminta jasa mereka. Menurut Fahri, jumlah peziarah tahun ini menurun drastis. Meski begitu, dia tetap rajin datang ke makam setiap sore bersama teman-temannya.

Tak hanya Fahri, ada Siga dan Diksa yang menawarkan jasa serupa. Apalagi, pada saat pandemi Virus Korona ini semua sekolah diliburkan. Otomatis, bocah-bocah usia SD itu memiliki waktu luang yang lebih banyak. ‘’Kadang pagi juga ke sini. Kalau siang istirahat,’’ ucapnya.

Menurut Fahri, kegiatan ini akan terus dilakukannya hingga H-2 Lebaran. Selain mengisi waktu luang, kegiatan ini juga dilakukan untuk menambah uang saku mereka. ‘’Mau ditabung,’’ ungkapnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Informasi Harian COVID-19

Informasi Harian COVID-19

Informasi tanggal 24 Mei 2020 Untuk membaca informasi lebih lengkap COVID-19 di Kota Madiun, bisa melalui http://dashboard.madiunkota.go.id/ dan http://covid19.madiunkota.go.id/ [su_image_carousel source="media: 48568,48569,48570,48571,48572" crop="1:1" dots="no"...

Antisipasi Takbir Keliling, Pemkot dan TNI-Polisi Gelar Patroli

Antisipasi Takbir Keliling, Pemkot dan TNI-Polisi Gelar Patroli

MADIUN- Menyambut hari Raya Idul Fitri 1441 H yang jatuh esok hari, Pemerintah Kota Madiun bersama personil gabungan dari TNI dan Polisi gelar patroli gabungan guna mengantisipasi takbir keliling yang biasa dilakukan di malam-malam menjelang lebaran.  Patroli gabungan...

Don`t copy text!