Sering Mengantuk Saat Puasa? Berikut Tips Untuk Menghindarinya

Di Posting Oleh madiuntoday

6 Mei 2020

MADIUN- Perubahan pola makan dan kegiatan selama bulan puasa dapat memengaruhi jam biologis serta metabolisme tubuh. Biasanya, salah satu akibat dari terjadinya perubahan ritme tersebut, yakni sering mengantuk saat puasa.

Seperti yang kita tahu, di bulan Ramadan, aktivitas seperti makan, minum, interaksi sosial, dan bahkan olahraga kerap dialihkan pada malam hari sehingga mengurangi jam tidur maupun kulalitas tidur di bulan puasa. Belum lagi, harus bangun lebih awal atau pada dini hari untuk santap sahur sebagai modal melaksanakan puasa seharian.

Nah, perubahan pola tidur dan aktivitas tersebut mau tidak mau dapat menyebabkan seseorang mengantuk dan sulit berkonsentrasi saat berpuasa di siang hari. Seperti yang dikutip dari berbagai sumber, ternyata ada beberapa tips yang bisa mengatasi kantuk saat berpuasa.

– Perbanyak Bergerak atau Berjalan Kaki
Berdasarkan survei, berjalan kaki selama 10 menit bisa meningkatkan energi hingga dua jam ke depan. Pasalnya, jalan-jalan mampu memompa oksigen menuju pembuluh darah, otak, dan otot. Sedangkan rasa ngantuk di siang hari biasanya muncul karena otak kekurangan pasokan oksigen.

– Tidur Siang Sejenak
Jika rasa kantuk sudah tak tertahankan lagi, kita bisa mencuri waktu sejenak untuk tidur siang. Tapi, jangan tidur siang terlalu lama. Kita mungkin malah jadi semakin lemas karena jam biologis tubuh terganggu. Waktu tidur siang yang baik diyakini selama 5-25 menit saja untuk tidur siang.

– Mengobrol
Bila sedang di kampus atau di kantor, ajak teman kita  untuk mengobrol sejenak guna mengatasi ngantuk saat puasa. Mengobrol akan meningkatkan tingkat konsentrasi dan membuat lebih rileks.

– Tidur Cukup dan Berkualitas di Malam Hari
Cegah ngantuk saat puasa dengan memastikan cukup beristirahat setiap hari. Maka, usahakan untuk tidur lebih cepat dari biasanya agar kita tidak kurang tidur. Supaya tidurnya berkualitas, atur kamar senyaman mungkin dan atur sirkulasi udara ruangan agar kualitas udara baik.
(dhevit/kus/madiuntoday)

Artikel Terkait

Tekan Penularan, Imunitas Tenaga Kesehatan Semakin Ditingkatkan

Tekan Penularan, Imunitas Tenaga Kesehatan Semakin Ditingkatkan

MADIUN – Tenaga kesehatan (nakes) sebagai garda terdepan memang rentan tertular Covid-19. Tak heran, jika tenaga kesehatan banyak yang terkonfirmasi Covid-19. Tak terkecuali di Kota Madiun. Karenanya, wali kota terus memberikan perhatian khusus bagi tenaga medis...

Don`t copy text!