Dua PMI Asal Kota Madiun Tiba di Terminal Purbaya, Petugas Laksanakan Protokol Kesehatan

Di Posting Oleh madiuntoday

18 Mei 2020

MADIUN – Terminal Purbaya Madiun kembali menerima kedatangan penumpang. Namun, bukan dari bus umum. Melainkan, rombongan Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang baru menyelesaikan pekerjaannya di Brunei Darussalam.

Ada tujuh orang PMI yang diterima kedatangannya pada Minggu (17/5) malam di terminal tersebut. Mereka merupakan warga Kota Madiun, Kabupaten Madiun, dan Kabupaten Magetan.

Kapolres Madiun Kota AKBP Bobby Aria Prakasa saat ditemui di Terminal Purbaya menuturkan, tujuh orang PMI tersebut datang dari Bandara Juanda. Sesampainya di Terminal Purbaya, mereka langsung dijemput oleh petugas dari daerahnya masing-masing. Namun, sebelumnya mereka telah mengikuti prosedur standar kesehatan Covid-19.

‘’Begitu tiba di terminal, kami lakukan penyemprotan desinfektan dan pengecekan suhu tubuh,’’ ujarnya.

Tak hanya itu, penyemprotan desinfektan juga dilakukan di seluruh bagian terminal. Khususnya, area yang dilewati para PMI. Serta, kursi yang diduduki. Hal ini dilakukan untuk mencegah virus menempel di fasilitas umum yang ada di terminal tersebut.

‘’Dari Bandara Juanda mereka sudah melalui protokol kesehatan. Pengambilan sampel darah akan dilakukan besok,’’ imbuhnya.

Sementara itu, Fungsional Pengantar Kerja Dinas Tenaga Kerja Kota Madiun Hengky Wahyu Setyo menegaskan bahwa para PMI ini pulang karena kontrak kerjanya sudah rampung dan tidak diperpanjang. ‘’Bukan PHK. Memang karena kontraknya sudah selesai. Dari Kota Madiun yang di rombongan ini ada 2 orang,’’ jelasnya.

Menurut Hengky, dua orang asal Kota Madiun tersebut bekerja di sektor formal selama berada di Brunei Darussalam. Yakni, di bidang perhotelan dan restoran.

Dua orang tersebut juga telah menjalani rapid test sebelum pulang. Hasilnya pun menyatakan keduanya non-reaktif. Meski begitu, mereka tetap wajib menjalani protokol kesehatan yang telah ditentukan. Serta, menjalani isolasi selama 14 hari di Stadion Wilis. “Sampai saat ini sudah ada 27 PMI dari berbagai negara yang sudah mudik di Kota Madiun,” tandasnya. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Informasi Harian COVID-19

Informasi Harian COVID-19

Informasi tanggal 22 Oktober 2020 Untuk membaca informasi lebih lengkap COVID-19 di Kota Madiun,...

Artikel Terkait

Don`t copy text!