Tiang Simpang Empat Tugu Sudah Dirobohkan, Butuh Dua Crane dengan Waktu Dua Jam

Di Posting Oleh madiuntoday

18 Mei 2020

MADIUN – Tiang lampu tepat di tengah simpang empat tugu sudah hilang kini. Tiang setinggi 13 meter itu sudah tercabut dari tempatnya, Senin (18/5). Butuh waktu dua jam untuk mengevakuasi tiang lampu tersebut.

Seperti diberitakan, tiang lampu tersebut memang akan dirobohkan. Proses perobohan mulai, Senin (11/5) lalu. Kala itu, pencopotan lampu dan kabel. Namun, sempat tertunda beberapa hari hingga baru proses, Senin tadi.

Perobohan tidak semudah yang dibayangkan. Butuh dua kendaraan crane untuk merobohkan tiang tersebut. Satu kendaraan untuk menahan tiang. Satu kendaraan lain menarik secara perlahan. Cara tersebut dipakai karena banyak instalasi kabel di sekitar lokasi.

‘’Cukup sulit. Tetapi memang sudah kita perkirakan semua kemungkinannya beberapa hari terakhir. Alhamdulillah, tadi lancar dan hanya memakan waktu sekitar dua jam,’’ kata Kasi Penerangan Jalan Umum (PJU) Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman Kota Madiun Afandi.

Tiang lantas dibawa ke gudang. Untuk penerangan bakal digantikan empat tiang lampu di tiap sudut perempatan. Pihaknya memang tidak menghilangkan pondasi tiang. Sebab, tetap bakal difungsikan. Bekas tiang bakal dipasang lampu lalu lintas tempo dulu. Seperti diberitakan, kawasan simpang tugu memang akan dikembalikan pada nuansa lawas. Yakni, bertemakan kolonial. Lampu lalu lintas sedang dalam proses pengerjaan sekarang.

‘’Pemasangan kita upayakan secepatnya. Setelah pengerjaan selesai, langsung kita pasang,’’ ungkapnya.

Keberadaan lampu lalu lintas lawas itu bakal berpadu dengan pedestrian. Seperti diketahui, pembangunan ppedestrian Jalan Pahlawan bakal sampai perempatan tugu. Bahkan, Pemerintah Kota Madiun berencana membuat serupa di sisi barat. Artinya, Jalan Pahlawan akan memiliki dua trotoar sama besar. Namun, untuk sisi barat hanya sampai gereja.

‘’Karena yang trotoar juga berkonsep kolonial, maka perempatan ini juga sama. Semua masih dalam proses. Ke depan, kawasan sini tentunya akan ramai,’’ jelasnya. (agi/madiuntoday)

Artikel Terkait

Masuki Musim Tanam, Disperta Bagikan Pupuk Gratis ke Petani

Masuki Musim Tanam, Disperta Bagikan Pupuk Gratis ke Petani

MADIUN- Meskipun lahan produktif di Kota Madiun terus menyusut lantaran beralih fungsi, tak lantas hal tersebut membuat pemkot setempat mengesampingkan persoalan pertanian. Justru, berbagai upaya guna memaksimalkan produksi optimal di bidang agrikultur terus dikebut....

Don`t copy text!