Gelar Sidang Isbat Tahun Ini, Pemerintah Tetapkan Idul Fitri 24 Mei

Di Posting Oleh madiuntoday

22 Mei 2020

MADIUN – Pemerintah Indonesia melalu Kementerian Agama telah menetapkan awal bulan Syawal 1.441 Hijriyah. Yakni, jatuh pada 24 Mei mendatang. Artinya, Hari Raya Idul Fitri tahun ini akan dirayakan pada hari tersebut.

Pengumuman hasil sidang isbat dilakukan secara konferensi pers virtual oleh Menteri Agama Fachrul Razi di Jakarta, Jumat (22/5). ‘’Sabtu kita masih berpuasa karena 1 Syawal 1.441 Hijriyah jatuh pada Minggu 24 Mei 2020,’’ ujarnya.

Pada kesempatan itu, Fachrul menuturkan bahwa pemantauan hilal dilakukan di 80 titik lokasi di seluruh Indonesia. Selama proses tersebut, petugas belum melihat hilal dengan posisi minimal 2 derajat di atas ufuk. Untuk itu, maka Ramadhan disempurnakan menjadi 30 hari.

“Dilihat dari seluruh Tanah Air kita, tak ada satupun petugas yang mampu melihat (hilal). Maka, sidang isbat secara bulat menetapakan 1 Syawal 1441 H pada Minggu 24 Mei,” jelasnya.

Sebelumnya, Pimpinan Pusat Muhammadiyah juga telah menetapkan awal Syawal jatuh pada 24 Mei 2020. Muhammadiyah menggunakan metode hisab yang memungkinkan masyarakat tahu sejak dini awal bulan dalam Islam. Sedangkan, rukyatul hilal yang dilakukan pemerintah dilakukan secara manual. Yakni, dengan mengamati langsung penampakan awal bulan menggunakan teropong atau teleskop di titik-titik tersebut.

Sementara itu, Pengurus Besar Nahdlatul Ulama juga memberikan kesimpulan yang sama. Berdasarkan pemantauan PBNU pada Jumat (22/5), dinyatakan bahwa hilal tidak terlihat. Sehingga, PBNU menetapkan awal Syawal pada 24 Mei.

‘’Kepada warga Nahdlatul Ulama dan umat Islam pada umumnya agar menyempurnakan ibadah puasa 30 hari dan berhari raya pada Ahad, 24 Mei 2020,’’ tutur isi surat yang ditandatangani oleh Pejabat Rais Aam NU KH. Miftachul Akhyar, Katib Aam NU KH. Yahya Cholil Staquf, Ketua Umum PBNU Prof. Dr. KH. Said Aqil Siroj, MA, dan Sekjen PBNU Dr. Ir. H. A. Helmy Faishal Zaini. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Informasi Harian COVID-19

Informasi Harian COVID-19

Informasi tanggal 24 Mei 2020 Untuk membaca informasi lebih lengkap COVID-19 di Kota Madiun, bisa...

Artikel Terkait

Informasi Harian COVID-19

Informasi Harian COVID-19

Informasi tanggal 24 Mei 2020 Untuk membaca informasi lebih lengkap COVID-19 di Kota Madiun, bisa melalui http://dashboard.madiunkota.go.id/ dan http://covid19.madiunkota.go.id/ [su_image_carousel source="media: 48568,48569,48570,48571,48572" crop="1:1" dots="no"...

Antisipasi Takbir Keliling, Pemkot dan TNI-Polisi Gelar Patroli

Antisipasi Takbir Keliling, Pemkot dan TNI-Polisi Gelar Patroli

MADIUN- Menyambut hari Raya Idul Fitri 1441 H yang jatuh esok hari, Pemerintah Kota Madiun bersama personil gabungan dari TNI dan Polisi gelar patroli gabungan guna mengantisipasi takbir keliling yang biasa dilakukan di malam-malam menjelang lebaran.  Patroli gabungan...

Don`t copy text!