Simpati untuk Nakes, Belasan Mahasiswa Produksi APD Sederhana

Di Posting Oleh madiuntoday

22 Mei 2020

MADIUN- Libur kuliah dijadikan belasan mahasiswa Universitas Katolik Widya Mandala Surabaya Kampus Madiun atau WIMA, untuk memupuk rasa simpatinya di tengah pandemi korona. Hal itu dibuktikan dengan membuat alat pelindung diri (APD) berupa face shield yang nantinya akan dibagikan kepada tenaga kesehatan yang ada di puskesmas-puskesmas Kota Pendekar.

Kegiatan yang dimulai sejak Senin (18/5) lalu itu, juga dijadikan sebagai alternatif magang atau tahapan mencari pengalaman kerja yang memang wajib dijalankan bagi para mahasiswa. Hal tersebut seperti yang diungkapkan Kaprodi Rekayasa Industri  Vinsensius Widdy. Pembuatan face shield, kata dia, sebagai media magang kerja yang mestinya dilakukan di akhir semester nanti.

“Kegiatan pembuatan APD, khususnya face shield dikerjakan mahasiswa sebagai media magang kerja yang mestinya dilakukan di akhir semester. Tapi terkendala karena korona, jadi ini alternatifnya. Target per hari produksi 20 face shield,” jelasnya

Selain itu, lanjutnya, pembuatan face shield juga digunakan sebagai kegiatan untuk mengisi liburan.  Tujuannya, tak lain untuk menanamkan kepedulian kepada para tenaga kesehatan yang mungkin kesusahan mencari alat pelindung diri sederhana di masa pandemi ini.

“Memang kami meminta mahasiswa melakukan uji coba menggunakan alat yang mudah dicari dengan harga yang ekonomis dengan bahan spon, mika, keling, perekat. Dana dikumpulkan dari para donatur,” ujarnya.

Vinsensius mengatakan, pengerjaan face shield akan terus dilakukan hingga batas waktu yang belum ditentukan. Dirinya mengatakan, selama dalam masa tanggap bencana pandemi korona, maka mahasiswanya akan tetap membuat face shield untuk nantinya didonasikan kepada para tenaga kesehatan yang ada di puskesmas-puskesmas Kota Madiun.

“Tidak menutup kemungkinan juga, setelah magang mahasiswa semester 6 ini selesai, adik tingkatnya akan direkrut untuk membuat APD juga. Kami berharap tindakan kecil ini mampu membantu para tenaga kesehatan dalam bertugas,” pungkasnya.
(dhevit/kus/madiuntoday)

Informasi Harian COVID-19

Informasi Harian COVID-19

Informasi tanggal 24 Mei 2020 Untuk membaca informasi lebih lengkap COVID-19 di Kota Madiun, bisa...

Artikel Terkait

Informasi Harian COVID-19

Informasi Harian COVID-19

Informasi tanggal 24 Mei 2020 Untuk membaca informasi lebih lengkap COVID-19 di Kota Madiun, bisa melalui http://dashboard.madiunkota.go.id/ dan http://covid19.madiunkota.go.id/ [su_image_carousel source="media: 48568,48569,48570,48571,48572" crop="1:1" dots="no"...

Antisipasi Takbir Keliling, Pemkot dan TNI-Polisi Gelar Patroli

Antisipasi Takbir Keliling, Pemkot dan TNI-Polisi Gelar Patroli

MADIUN- Menyambut hari Raya Idul Fitri 1441 H yang jatuh esok hari, Pemerintah Kota Madiun bersama personil gabungan dari TNI dan Polisi gelar patroli gabungan guna mengantisipasi takbir keliling yang biasa dilakukan di malam-malam menjelang lebaran.  Patroli gabungan...

Don`t copy text!