Tertib di Tengah Pandemi Korona, Perusahaan Di Kota Madiun Tetap Bayarkan THR Karyawan

Di Posting Oleh madiuntoday

22 Mei 2020

MADIUN – Meski penyebaran Virus Korona turut berdampak terhadap operasional perusahaan, namun hak karyawan tetap wajib dibayarkan. Termasuk, Tunjangan Hari Raya (THR). Untuk itu, Dinas Tenaga Kerja Kota Madiun membuka posko pengaduan untuk memfasilitasi karyawan yang tidak dibayarkan haknya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Madiun Suyoto Hardjo Wiyono menuturkan, hingga saat ini belum ada karyawan yang melaporkan perusahaannya ke posko pengaduan. Sehingga, dapat diartikan bahwa seluruh perusahaan di Kota Madiun sudah tertib. ‘’Kalau tidak ada yang lapor, kami asumsikan haknya sudah dibayarkan,’’ tuturnya, Jumat (22/5).

Meski begitu, Suyoto mengungkapkan bahwa dari 669 perusahaan di Kota Madiun hingga saat ini ada 44 perusahaan yang melaporkan telah memberikan THR kepada karyawannya. Sedangkan, tiga perusahaan lainnya menyepakati untuk memberikan THR pada Desember 2020.

‘’Tentunya, perubahan ini sudah disampaikan ke karyawan atau serikat pekerjanya,’’ terangnya.

Selama masa pandemi Covid-19, tercatat ada sekitar 120 karyawan yang mengalami Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Sedangkan, karyawan yang dirumahkan mencapai 745 orang. Namun, sebagian perusahaan telah memanggil kembali karyawannya untuk bekerja.

‘’Selama Covid-19 ini semua terdampak. Pemilik perusahaan maupun karyawan. Jadi, tentang THR ini perlu dibicarakan antara pemilik perusahaan dan karyawan. Harapannya, tidak ada PHK maupun yang dirumahkan,’’ paparnya.

Suyoto menambahkan, posko pengaduan THR dibuka hingga H+7 Lebaran. Disnaker juga membuka layanan melalui telepon di nomor 081372686953 atas nama Mediator Hari Aprianto. Juga, layanan di kantor Disnaker pada jam kerja. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Informasi Harian COVID-19

Informasi Harian COVID-19

Informasi tanggal 24 Mei 2020 Untuk membaca informasi lebih lengkap COVID-19 di Kota Madiun, bisa...

Artikel Terkait

Informasi Harian COVID-19

Informasi Harian COVID-19

Informasi tanggal 24 Mei 2020 Untuk membaca informasi lebih lengkap COVID-19 di Kota Madiun, bisa melalui http://dashboard.madiunkota.go.id/ dan http://covid19.madiunkota.go.id/ [su_image_carousel source="media: 48568,48569,48570,48571,48572" crop="1:1" dots="no"...

Antisipasi Takbir Keliling, Pemkot dan TNI-Polisi Gelar Patroli

Antisipasi Takbir Keliling, Pemkot dan TNI-Polisi Gelar Patroli

MADIUN- Menyambut hari Raya Idul Fitri 1441 H yang jatuh esok hari, Pemerintah Kota Madiun bersama personil gabungan dari TNI dan Polisi gelar patroli gabungan guna mengantisipasi takbir keliling yang biasa dilakukan di malam-malam menjelang lebaran.  Patroli gabungan...

Don`t copy text!