Mendaftar Jalur Prestasi, Siswa Ajukan Rekomendasi Ke Dinas Pendidikan

Di Posting Oleh madiuntoday

24 Juni 2020

MADIUN – Jalur prestasi menjadi salah satu cara untuk mengikuti Penerimaan Peserta Didik Baru (PPBD) tahun ajaran 2020/2021. Untuk itu, mereka wajib mengajukan surat rekomendasi kepada panitia di Dinas Pendidikan. Baik prestasi akademik maupun non akademik.

Pengajuan rekomendasi prestasi dilakukan pada 23-25 Juni 2020. Para calon peserta didik baru membawa bukti atas prestasi yang diterbitkan paling singkat 6 bulan dan paling lama 3 tahun sampai 1 Juli 2020.

Hal inipun seperti tampak pada suasana pelayanan di Dinas Pendidikan, Rabu (24/6). Panitia PPDB 2020/2021 menerima calon peserta didik baru yang mengajukan rekomendasi prestasi. Panitia pun tampak sibuk memeriksa berkas-berkas calon peserta didik.

Berdasarkan Perwal Nomor 21 Tahun 2020 tentang PPDB, jalur prestasi hasil lomba mendapatkan kuata 15 persen dari daya tampung sekolah. Rinciannya, prestasi akademik sebanyak 5 persen dan non akademik sebesar 10 persen.

Prestasi akademik yang dimaksud yakni olimpiade sains nasional, lomba cerdas cermat, dan siswa teladan. Sedangkan, prestasi non akademik di antaranya bidang bahasa dan sastra, seni musik, seni rupa, seni kriya, seni teater, kesehatan, dan kepramukaan. Baik tingkat kota/kabupaten, provinsi, nasional, maupun internasional.

Calon peserta didik yang memiliki lebih dari satu piagam penghargaan, yang mendapatkan tambahan nilai hanya satu piagam yang bobot nilainya paling tinggi. Dengan penambahan nilai antara 10 persen hingga 40 persen.

Dengan masuknya siswa dari jalur prestasi, diharapkan sekolah mendapatkan peserta didik yang memiliki kualitas khusus. Selain itu, juga membantu calon siswa untuk mendapatkan sekolah sesuai dengan keinginannya. (Dhevit/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Don`t copy text!