PPDB Dibuka, Sekolah Inklusi Siap Terima Siswa Baru

Di Posting Oleh madiuntoday

29 Juni 2020

MADIUN – Seiring dibukanya Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tahun ajaran 2020/2021, sekolah pun mempersiapkan diri untuk menerima siswa baru. Tak terkecuali sekolah inklusi di Kota Madiun.

Kabid Pendidikan Dasar Dinas Pendidikan Kota Madiun Slamet Hariyadi menuturkan, ada 3 SD negeri yang dirintis sebagai sekolah inklusi. Yakni, SDN 02 Taman, SDN Sukosari, dan SDN 02 Winongo. ‘’Sedangkan, untuk SMP ada di SMPN 10 Madiun,’’ ujarnya, Senin (29/6).

Meski di sekolah reguler, proses pendaftaran bagi siswa berkebutuhan khusus tidak dibedakan. Mereka dapat mengikuti seleksi PPDB tahap I maupun II. Syarat yang dibutuhkan juga sama dengan siswa reguler lainnya.

Namun, Hariyadi menuturkan bahwa pendaftaran siswa inklusi sebaiknya disertai dengan surat rekomendasi dari psikolog atau psikiater. Sehingga, pihak sekolah dapat menentukan perlakuan untuk mengajar siswa tersebut. Selain itu, komunikasi yang intens dengan orang tua juga dibutuhkan untuk membantu meningkatkan perkembangan anak.

Meski begitu, sekolah inklusi hanya bisa menerima maksimal 4 siswa berkebutuhan khusus setiap rombelnya. ‘’Namun, jika sangat-sangat khusus, kami arahkan ke PLB atau SLB,’’ imbuhnya.

Sementara itu, Kepala SDN 02 Taman Pratiwi menuturkan, guru di sekolahnya sudah kompeten dalam menangani siswa inklusi. Beberapa di antaranya telah mengikuti pelatihan khusus. Bahkan, tahun ini dua siswa lulusannya mampu melanjutkan ke jenjang SMP reguler.

‘’Siswa kami yang berkebutuhan khusus biasanya autis atau slow learner. Dengan pembelajaran dari guru-guru yang berkompeten, mereka mampu melewati setiap jenjang dan lulus dengan baik,’’ terangnya.

Tahun ini, pagu yang ada di SDN 02 Taman sebanyak 28 siswa. Atau, 1 rombel. Pratiwi berharap, tahun ini pagu di sekolahnya dapat terpenuhi. ‘’Kami juga menyediakan layanan konsultasi atau pendaftaran di sekolah,’’ tandasnya. (Dhevit/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Don`t copy text!