Seleksi PPDB TK /SD/SMP Negeri Tahap I Dimulai, Sekolah Buka Layanan Konsultasi

Di Posting Oleh madiuntoday

29 Juni 2020

MADIUN – Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) tingkat TK, SD, dan SMP memasuki tahap I pendaftaran. Yakni, untuk jalur afirmasi, perpindahan tugas orang tua, dan prestasi akademik maupun non akademik.

Pendaftaran PPDB tahap I ini dibuka mulai 29 Juni 2020 pukul 00:00 dan ditutup pada 30 Juni 2020 pukul 13:00. Selanjutnya, hasil pendaftaran akan diumumkan pada 30 Juni pukul 16:00.

Pendaftaran tahap I inipun dimanfaatkan sejumlah orang tua murid yang memenuhi persyaratan tersebut. Salah satunya seperti Siska Luluana ketika mendaftarkan putranya di SDN 02 Pandean, Senin (29/6).

‘’Harapannya bisa diterima di sini karena dekat dengan kantor. Jadi, antar-jemputnya lebih mudah,’’ tutur perempuan yang berasal dari Banjarbaru, Kalimantan Selatan itu.

Untuk bisa mendaftar di Kota Madiun, sejumlah persyaratan dipenuhi oleh Siska. Di antaranya, akte kelahiran sang putra, surat domisili, surat rekomendasi dari Dinas Pendidikan, SK pindah tugas dari tempatnya bekerja, hingga surat pernyataan dari RT dan tetangga di tempat tinggalnya.

Sekretaris Dinas Pendidikan Kota Madiun Sri Marhaendra Datta saat meninjau PPDB tahap I di SDN 02 Pandean menuturkan bahwa seluruh persiapan sekolah terkait pendaftaran peserta didik baru telah siap. Karena tahun ini pendaftaran dilakukan secara online, maka operator sekolah telah dibekali tata cara pendaftaran secara tepat.

Kepada orang tua calon peserta didik baru, Marhaendra mengimbau untuk tidak berkecil hati jika diterima di sekolah pinggiran. Sebab, beberapa tahun terakhir pemerintah telah berupaya menghilangkan stigma sekolah favorit.

‘’Semua sekolah kini memiliki kualitas yang sama. Bahkan, tak sedikit sekolah pinggiran yang berprestasi,’’ ungkapnya. Selain itu, rotasi guru juga dilakukan. Hal ini juga salah satu cara untuk meningkatkan pemerataan pendidikan di semua wilayah.

Sementara itu, meski PPDB berlangsung secara online, sekolah tetap menyediakan layanan pendaftaran. Petugas siap siaga membantu orang tua atau wali murid yang kesulitan mendaftarkan putra-putrinya secara daring. Atau, sekedar konsultasi. Meski begitu, protokol kesehatan tetap dilaksanakan.

‘’Pengecekan suhu, cuci tangan dengan sabun, pakai masker, dan jaga jarak tetap kami terapkan. Sehingga, mencegah adanya penularan Covid-19,’’ ujar Kepala SDN 02 Pandean Sunyoto.

Sunyoto pun berharap, pelaksanaan PPDB tahun ini bisa berjalan lancar. Di sekolahnya, terdapat dua rombel untuk kelas 1. Masing-masing rombel berisi 28 siswa. Sehingga, total pagu sekolah tersebut mencapai 56 siswa. ‘’Harapannya bisa terisi semua dan siswa bisa kembali belajar di sekolah,’’ tandasnya. (Dhevit/irs/madiuntoday)

Artikel Terkait

Don`t copy text!