Pemkot Madiun Rintis Sekolah Tangguh Hadapi Covid-19

Di Posting Oleh madiuntoday

30 Juni 2020

MADIUN – Sektor pendidikan tak lepas dari bahaya penyebaran Virus Korona. Untuk itu, berbagai upaya telah dilakukan oleh Pemkot Madiun untuk mempersiapkan proses belajar mengajar yang aman di sekolah. Salah satunya, dengan perintisan Sekolah Tangguh.

Hal ini disampaikan oleh Walikota Madiun Maidi saat menggelar pengarahan bersama kepala SD/SMP negeri, pengawas, dan dinas pendidikan di ruang GCIO, Selasa (30/6). ‘’Perangkat pembelajaran mulai dari kepala sekolah, guru, hingga tenaga kebersihan sekolah harus sehat semua. Protokol kesehatan harus sudah dilakukan sebelum anak-anak masuk lagi,’’ tuturnya.

Hingga saat ini, Pemkot Madiun belum memutuskan jadwal siswa bisa kembali lagi belajar di sekolah. Meski begitu, upaya pencegahan penularan Covid-19 tetap dilakukan. Di antaranya, memasang tempat cuci tangan dan sabun, menyediakan thermogun, dan menggunakan masker di lingkungan sekolah.

Lebih lanjut, walikota menuturkan, kepala sekolah, guru, hingga petugas kebersihan sekolah akan menjadi tim Pendekar Waras. Tugasnya, memastikan bahwa seluruh protokol kesehatan telah dijalankan.

‘’Sebelumnya, rapid test kepala sekolah sudah dilakukan. Selanjutnya, giliran guru yang akan menjalani pemeriksaan. Begitu pula dengan karyawan sekolah lainnya seperti petugas kebersihan dan penjaga kantin,’’ jelasnya.

Terkait jadwal masuk siswa, walikota masih menunggu instruksi dari pemerintah pusat. Atau, melihat kondisi Kota Madiun ke depannya. ‘’Kalau semua sudah siap dan dirasa bisa menjalankan KBM di sekolah, saya akan izin ke gubernur dan gugus tugas pusat. Jika dibolehkan, maka sekolah bisa dibuka kembali,’’ tandasnya. (WS Hendro/irs/diskominfo)

Artikel Terkait

Don`t copy text!