Stok Darah Tak Cukup Aman, PMI Imbau Masyarakat Jangan Takut Donor Darah

Di Posting Oleh madiuntoday

1 Juli 2020

MADIUN- PMI Kota Madiun tengah gencar mengajak masyarakat agar tak perlu takut saat melakukan donor darah. Hal itu seperti yang disampaikan Kepala Bidang Pelayanan PMI Kota Madiun Dwi Santoso. Dirinya mengimbau agar masyarakat tak perlu khawatir untuk melakukan donor darah karena pihaknya telah menerapkan protokol kesehatan Covid-19 dalam pelayanan.

Mulai dari melakukan screening kepada calon pendonor yang datang untuk mengetahui riwayat kesehatan dan perjalanan calon pendonor, wajib memakai masker, pembatasan jarak, cuci tangan, hingga penggunaan APD bagi para petugas yang sedang melayani pendonor.

Lebih lanjut Dwi menjelaskan, untuk saat ini, stok golongan darah A sebanyak 33, golongan darah B sebanyak 72, golongan darah O sebanyak 20, dan golongan darah AB hanya 1 buah. Untuk dapat dikatakan aman, lanjutnya, jumlah stok darah yang disimpan di PMI harus bisa untuk memenuhi kebutuhan dalam satu minggu.

“Stok darah belum cukup aman, kurang lebih masih bisa melayani untuk 4 sampai 5 hari kedepan. Kami mengimbau masyarakat silahkan untuk donor darah ke PMI,” ungkapnya saat ditemui pada Rabu (1/7).

Maka dari itu, untuk memenuhi kebutuhan darah, pihaknya melakukan jemput bola ke masyarakat. Seperti tiap minggu, mobil donor darah turun untuk standby di tempat yang strategis untuk melayani masyarakat yang ingin mendonor. Hingga kerjasama dengan instansi-instansi.

“Semaksimal mungkin kita mencari cara agar stok darah terpenuhi. Mulai awal pandemi terjadi hingga puasa terjadi penurunan pendonor, sekarang mulai naik lagi,” pungkasnya.
(dhevit/kus/madiuntoday)

Artikel Terkait

Don`t copy text!