Banyak Kasus Penularan dari Luar, Walikota: Masyarakat Kota Madiun Sejatinya Masih Hijau

Di Posting Oleh madiuntoday

2 Juli 2020

MADIUN – Dalam peta sebaran Covid-19 Jawa Timur, Kota Madiun memang kembali berwarna kuning alias daerah dengan resiko rendah. Hal itu lantaran kembali munculnya kasus positif Covid-19 setelah ditetapkan sebagai zona hijau beberapa waktu lalu. Namun, Walikota Madiun Maidi memiliki pandangan tersendiri terkait Covid-19 di Kota Pendekar. Menurut mantan Sekda Kota Madiun itu Kota Pendekar tetap hijau jika dilihat dari asal penularan kasusnya.

‘’Masyarakat kota tidak ada yang positif dan belum ada yang meninggal karena Covid-19. Kalau dilihat dari asal penularannya, masyarakat kita sejatinya masih hijau,’’ kata walikota.

Pernyataan walikota ada benarnya. Sebab, kasus positif Covid-19 di Kota Madiun berasal dari luar kota. Hal itu mengemuka berdasar penulusuran tim terkait kasus yang ada. Selalu ada riwayat perjalanan dari luar kota. Ada juga yang dari perantauan pulang sebentar untuk menemuhi keluarga dan ternyata sakit. Pemerintah, kata walikota, tentu tidak bisa tutup mata.

‘’Ya inilah NKRI, siapapun warga negara yang sakit ya harus kita rawat. Kita obati sampai sembuh. Tidak lantas dibawa pulang ke daerah asalnya,’’ ungkap walikota.

Kota Madiun memang memiliki total 11 kasus positif sampai saat ini dengan enam di antaranya sudah sembuh. Sedang, lima lainnya masih dalam perawatan. Namun dari kasus yang ada itu tercatat adanya riwayat dari luar kota. Karenanya, kebijakan penanganan dari luar kota diperketat. Setiap warga yang pulang dari luar kota langsung dilakukan rapid test. Hal itu sebagai bentuk pendeteksian dini terkait penularan dari luar kota.

‘’Upaya-upaya pencegahan harus terus kita lakukan untuk meminimalkan penularan Covid-19. Selain itu, rapid test juga untuk meminimalkan penyebaran di Kota Madiun,’’ ungkapnya. (ws hendro/agi/madiuntoday).

Informasi Harian COVID-19

Informasi Harian COVID-19

Informasi tanggal 20 September 2020 Untuk membaca informasi lebih lengkap COVID-19 di Kota Madiun,...

Artikel Terkait

Informasi Harian COVID-19

Informasi Harian COVID-19

Informasi tanggal 20 September 2020 Untuk membaca informasi lebih lengkap COVID-19 di Kota Madiun, bisa melalui http://dashboard.madiunkota.go.id/ dan http://covid19.madiunkota.go.id/  

Tak Ada Tambahan Konfirmasi, Dua Sembuh Hari Ini

Tak Ada Tambahan Konfirmasi, Dua Sembuh Hari Ini

MADIUN – Dua kasus Covid-19 sembuh di Kota Madiun. Yakni, kasus nomor 38 dan 76. Tambahan ini menjadikan kasus sembuh mencapai 88 orang dari 104 kasus konfirmasi sampai saat ini. Kasus...

Don`t copy text!