Kembali Buka Lapak di Mall, Pelaku UMKM Diharap Mampu Genjot Sektor Ekonomi Hadapi Normal Baru

Di Posting Oleh madiuntoday

2 Juli 2020

MADIUN- Kalangan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) di Kota Madiun terus berupaya memperbaiki kondisi ditengah menghadapi normal baru. Seperti yang terlihat pada Kamis (2/7). Secara kolektif para pelaku UMKM itu mengisi stand yang berada di salah satu Mall di Jalan Pahlawan Kota Madiun.

Setidaknya, belasan pelaku usaha khususnya makanan dan minuman memamerkan produknya untuk dipajang di stand yang berada di lantai dua Plaza Lawu, hasil dari fasilitasi Dinas Penanaman Modal Pelayanan Terpadu Satu Pintu, Koperasi Usaha Mikro (DPMPTSP KUM).

Kembali dibukanya stand yang sempat vakum selama kurang lebih tiga bulan itu mendapatkan apresiasi tersendiri dari Ketua TP PKK Kota Madiun Yuni Setyawati Maidi. Saat meninjau lokasi, dirinya mengatakan bahwa keberadaan stand diharap mampu menjadi pelecut semangat UMKM di Kota Madiun untuk lebih getol dalam berkreatifitas dan berinovasi untuk memasarkan produk hingga dikenal kalangan luas.

“Alhamdulillah sudah tertata bagus, hari ini makanan dan minuman yang dipajang, kedepan secara bergantian produk umkm Kota Madiun akan dipamerkan disini. Dengan adanya stand ini mudah-mudahan produk makanan minuman hasil umkm lokal mampu bersaing dan dikenal luas,” ungkapnya.

Secara terpisah, Kabid Koperasi Usaha Mikro DPMPTSP KUM Maryanto mengatakan bahwa pemberian stand yang ada di pusat perbelanjaan modern memang merupakan fasilitas yang diberikan oleh dinasnya sebagai upaya untuk memberikan wadah untuk memasarkan produk dan membuka peluang agar produknya dapat dikenal luas.

“Kita sebenarnya sudah jalan satu tahun, tapi kita sempat terhenti selama tiga bulan dan baru buka lagi saat ini,” jelasnya.
 
Lebih lanjut Maryanto mengatakan, selama dua bulan sekali stand akan digilir untuk produk-produk UMKM lainnya. Seperti fashion, rajut, handycraft. Tak hanya itu, Maryanto juga mengatakan bahwa pada prinsipnya dinasnya telah memberikan beberapa stimulus untuk membantu dan memudahkan umkm di Kota Madiun dalam menjalankan usaha. Seperti salah satunya memberikan fasilitasi permodalan melalui peminjaman dengan bunga rendah 0,5 persen selama satu bulan atau 6 persen selama satu tahun di Bank Daerah Kota Madiun.

Sementara itu, Yani Suni, salah seorang pelaku umkm makanan dan minuman mengatakan bahwa semenjak pandemi, dirinya kesulitan untuk membuka lapak dan mengalami penurunan omset. “Tentu omset menurun. Adanya pembukaan kembali stand yang difasilitasi dinas ini membantu untuk branding produk dengan kualitas yang bagus dan terjangkau,” akunya.

Yani berharap, melalui pembukaan kembali stand ini dapat memperbaiki kondisi usahanya. Terlebih, dengan adanya buka lapak kembali bisa ikut membantu perekonomian daerah, yakni dengan penyerapan tenaga kerja dan sebagai jaring pengaman terutama bagi masyarakat berpendapatan rendah untuk menjalankan kegiatan ekonomi produktif.
(dhevit/kus/madiuntoday)

Artikel Terkait

Informasi Harian COVID-19

Informasi Harian COVID-19

Informasi tanggal 20 September 2020 Untuk membaca informasi lebih lengkap COVID-19 di Kota Madiun, bisa melalui http://dashboard.madiunkota.go.id/ dan http://covid19.madiunkota.go.id/  

Tak Ada Tambahan Konfirmasi, Dua Sembuh Hari Ini

Tak Ada Tambahan Konfirmasi, Dua Sembuh Hari Ini

MADIUN – Dua kasus Covid-19 sembuh di Kota Madiun. Yakni, kasus nomor 38 dan 76. Tambahan ini menjadikan kasus sembuh mencapai 88 orang dari 104 kasus konfirmasi sampai saat ini. Kasus...

Don`t copy text!