Kurangi Pertemuan di Kantor Dispendukcapil, Kini Dokumen Kependudukan Bisa Cetak Sendiri di Rumah

Di Posting Oleh madiuntoday

2 Juli 2020

MADIUN – Pandemi Covid-19 membatasi ruang gerak masyarakat. Meski begitu, pemerintah berupaya agar kebutuhan masyarakat tetap terpenuhi. Salah satunya, pelayanan dokumen kependudukan.

Untuk semakin memudahkan layanan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Madiun memberlakukan kebijakan baru. Yakni, mengirim dokumen kependudukan melalui email. Sehingga, pemohon bisa mencetaknya sendiri di rumah.

‘’Hari ini kami uji coba. Maka, pengajuan dokumen kependudukan wajib menyertakan alamat email,’’ tutur Kabid Pelayanan Pendaftaran Penduduk Dispendukcapil Kota Madiun Supriyono, Kamis (2/7).

Layanan ini, lanjut Supriyono, berlaku bagi pengajuan segala dokumen kependudukan. Kecuali, KTP dan KIA karena menggunakan blangko khusus. Sedangkan, dokumen lainnya dapat dicetak dengan menggunakan kertas HVS ukuran A4 80 gram.

Hal ini sesuai dengan Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 109 Tahun 2019 tentang Formulir dan Buku Yang Digunakan Dalam Administrasi Kependudukan. ‘’Ke depannya, semua dokumen kependudukan kecuali KTP dan KIA akan menggunakan HVS,’’ imbuhnya.

Supriyono menjelaskan, keaslian dokumen kependudukan dapat dilacak melalui barcode scan yang terlampir sebagai tanda tangan elektronik. ‘’Kalau barcode-nya di-scan akan muncul pdf dari dokumen tersebut. Kalau tidak muncul atau muncul tapi hasilnya beda, berarti tidak asli. Keaslian dokumen kependudukan ada di softcopy-nya bukan hardcopy,’’ paparnya.

Sementara itu, bagi warga yang tidak memiliki email tidak perlu khawatir. Sebab, Dispendukcapil akan memfasilitasi dengan email kantor. Selanjutnya, pemohon dapat mengambil dokumennya di kantor Dispendukcapil. (WS Hendro/irs/madiuntoday)

Informasi Harian COVID-19

Informasi Harian COVID-19

Informasi tanggal 20 September 2020 Untuk membaca informasi lebih lengkap COVID-19 di Kota Madiun,...

Artikel Terkait

Informasi Harian COVID-19

Informasi Harian COVID-19

Informasi tanggal 20 September 2020 Untuk membaca informasi lebih lengkap COVID-19 di Kota Madiun, bisa melalui http://dashboard.madiunkota.go.id/ dan http://covid19.madiunkota.go.id/  

Tak Ada Tambahan Konfirmasi, Dua Sembuh Hari Ini

Tak Ada Tambahan Konfirmasi, Dua Sembuh Hari Ini

MADIUN – Dua kasus Covid-19 sembuh di Kota Madiun. Yakni, kasus nomor 38 dan 76. Tambahan ini menjadikan kasus sembuh mencapai 88 orang dari 104 kasus konfirmasi sampai saat ini. Kasus...

Don`t copy text!